Pendidikan Karakter Reviewed by Momizat on . Di Gontor, di mana pendidikan karakter terbina? Apakah di kelas saja? Atau di asrama saja? Jawabnya adalah, di semua segi pondok ini, baik di kamar, kelas, masj Di Gontor, di mana pendidikan karakter terbina? Apakah di kelas saja? Atau di asrama saja? Jawabnya adalah, di semua segi pondok ini, baik di kamar, kelas, masj Rating:
You Are Here: Home » Catatan » Pendidikan Karakter

Pendidikan Karakter

Di Gontor, di mana pendidikan karakter terbina? Apakah di kelas saja? Atau di asrama saja? Jawabnya adalah, di semua segi pondok ini, baik di kamar, kelas, masjid, dapur sekalipun, semuanya adalah lingkungan yang mendidik.

Di kamar-kamar asrama sebagai lingkungan mikro, ada ketua kamar sebagai pemimpin, ada anggota yang dipimpin, ada organisasi, gerakan, ide. Ada simpati, kebersamaan, kesamarataan, persatuan. Santri yang berasal dari Kalimantan, harus bisa menjalin persahabatan dengan santri Sumatera. Santri Jawa, harus bisa berkawan dengan santri Papua. Tidak ada perbedaan. Begitu pula di semua ranah dinamika lainnya.

Beragam kegiatan positif membentuk kepribadian santri. Gerakan demi gerakan, menjadi gemblengan bagi mereka. Seringkali KH. Abdullah Syukri Zarkasyi mengatakan: “Bergeraklah, karena dalam pergerakan terdapat berkah”. Kata-kata ini menjadi syiar untuk bergerak, berbuat dan berkorban, dengan landasan keikhlasan, yang lahir darinya berkah.

Senin 26 Jumadal Ula 1431