Netral Reviewed by Momizat on . Anda tidak akan menemukan afiliasi Gontor dengan partai manapun. Gontor netral, tidak berpartai, tidak berhaluan ke organisasi masyarakat tertentu. Gontor berdi Anda tidak akan menemukan afiliasi Gontor dengan partai manapun. Gontor netral, tidak berpartai, tidak berhaluan ke organisasi masyarakat tertentu. Gontor berdi Rating:
You Are Here: Home » Catatan » Netral

Netral

Anda tidak akan menemukan afiliasi Gontor dengan partai manapun. Gontor netral, tidak berpartai, tidak berhaluan ke organisasi masyarakat tertentu.

Gontor berdiri di atas dan untuk semua golongan. Itulah quote yang ditanamkan kepada para santri. Sikap netral ini pula yang membentuk karakter santri Gontor untuk menerima perbedaan, baik perbedaan pendapat, sikap, maupun platform organisasi ataupun partai.

Kalaupun ada alumni Gontor yang terjun ke partai tertentu, itu adalah kehendak pribadi, tidak ada arahan untuk ke sana.

Kecenderungan kepada partai tertentu, atau kepada organisasi tertentu akan menimbulkan fanatisme. Fanatisme inilah yang dihindari oleh Gontor. Sikap netral ini juga dimanifestasikan dalam pelajaran Fiqh kelas 5, di mana santri diajarkan untuk menjadi seorang mujtahid melalui kitab Bidayatu-l-Mujtahid wa Nihayatu-l-Muqtashid milik ibnu Rusyd. Sehingga, santri tidak menjadi muqallid, peniru buta yang hanya sekedar mengikuti orang-orang sebelumnya, tapi menjadi paling tidak muttabi', mengerti asal hukum sesuatu, bahkan diharapkan menjadi seorang mujtahid.

Selasa, 5 Jumada Tsaniyah 1431