Date:

Share:

Ustadz Ahmad Hidayatullah Zarkasyi Sampaikan Khutbah Peringatan 1 Muharam

Related Articles

GONTOR – Banyak persamaan yang terjadi antara sejarah Gontor dengan sejarah 1 Muharam. Hal itulah yang menjadi pokok isi sambutan Dr. H. Ahmad Hidayatullah Zarkasyi, M.A. di hadapan seluruh santri, Jumat (24/10) lalu. Beliau menerangkan bahwa nabi dulu berhijrah agar mendapatkan tempat yang lebih baik, agar dakwah Islam tidak terpaku pada satu titik, namun menyebar ke tempat lain. Karena di Madinah, dukungan masyarakat sangat tinggi.

Begitu pula dengan Gontor, dahulu Gontor juga berhijrah. Namun, hijrah yang dilakukan oleh Gontor tidak hanya bersifat jasadiyah, namun juga ruhiyah. Hijrah dari Gontor lama ke Gontor yang kini telah menjadi besar. Hijrah pemikiran, hijrah pergerakan hingga hijrah pendidikan.

Sambutan tersebut menjadi awal dari acara peringatan 1 Muharam di Pondok Modern Darussalam Gontor. Para santri menyimak dengan seksama, penting bagi mereka pemahaman tentang hari besar ini. Itu akan menjadi modal bagi para santri ketika terjun ke masyarakat nanti.

Acara ini diadakan rutin setiap tahunnya. Karena 1 Muharam adalah tanggal yang sangat bersejarah bagi umat Islam. Banyak pelajaran yang bisa diambil, direnungi dan ditelaah. Hari di mana Islam bangkit dari titik keterpurukan. Hari hijrahnya nabi Muhammad SAW  ke Madinah. Aa_Rum

Popular Articles