Date:

Share:

Ulangan Umum Segera Tiba, Panitia Adakan Pengarahan Pembuat Soal

Related Articles

Pengarahan pembuat soal Ulangan Umum
Pengarahan pembuat soal Ulangan Umum

GONTOR–Dinamika kegiatan di Pondok Modern Darussalam Gontor seakan berjalan begitu cepat. Tanpa terasa, segenap siswa Kulliyatu-l-Mu‘allimin Al-Islamiyah (KMI) akan segera dihadapkan pada Ulangan Umum Pertengahan Tahun 1434-1435. Kegiatan pra-ujian yang diikuti seluruh siswa KMI dari Kelas 1–5 ini direncanakan berlangsung pada Sabtu–Rabu, 9–13 November 2013. Dengan tibanya Ulangan Umum, berarti masa belajar aktif di KMI Pondok Modern Darussalam Gontor menyisakan 1–2 bulan lagi menjelang Ujian Pertengahan Tahun 1434-1435, yang dijadwalkan berlangsung pada minggu kedua di bulan Desember 2013 nanti.

Menghadapi Ulangan Umum Pertengahan Tahun yang sudah di ambang pintu ini, panitia yang dibentuk pada Kamis (17/10) lalu telah mengadakan acara pengarahan pembuat soal Ulangan Umum. Berdasarkan kategori materi soal yang akan diujikan pada Ulangan Umum nanti, pengarahan diadakan di tempat berbeda pada Selasa (22/10) malam.

Untuk kategori dirasah ‘arabiyah (‘pelajaran-pelajaran Bahasa Arab’), pengarahan dilaksanakan di ruang Kantor KMI bagian barat. Para pembuat soal kategori ini diarahkan oleh Ustadz Dr. H. Abdul Hafidz Zaid, M.A. dan Ustadz H. Imam Iskarom, Lc. Materi soalnya meliputi pelajaran-pelajaran Bahasa Arab seperti Insya’, Nahwu, Sharf, Muthala’ah, dan Imla’.

Sedangkan pengarahan pembuat soal kategori dirasah islamiyah (‘pelajaran-pelajaran keislaman’) dilangsungkan di aula Gedung Pakistan. Untuk kategori ini, para pembuat soal diarahkan langsung oleh Ustadz Sunanto WR, S.Ag. dan Ustadz H. Arif Irfanuddin, Lc. Materi soal kategori ini mencakup pelajaran Tauhid, Tarikh Islam, Tafsir, Tarbiyah, dan lain sebagainya.

Selain itu, untuk kategori pelajaran Bahasa Inggris yang terdiri dari Reading dan Grammar, pengarahan digelar di ruang Kantor KMI bagian timur. Dalam kesempatan ini, para pembuat soal mendapatkan pengarahan dari salah satu pakar bahasa Inggris di Pondok Modern Darussalam Gontor, Ustadz Ahmad Saefullah, S.Pd.I.

Terakhir, kategori dirasah kauniyah (‘pelajaran-pelajaran eksakta’). Pengarahan untuk para pembuat soal kategori ini bertempat di ruang Kantor KMI Rabithah bersama Ustadz Suraji Badi‘, S.Ag. dan Ustadz Nurul Faizin, S.E.I.

Melalui pengarahan ini, diharapkan guru-guru yang ditugaskan untuk membuat soal-soal Ulangan Umum Pertengahan Tahun kali ini mampu menyusun soal-soal yang tepat dan proporsional untuk segenap siswa KMI dari Kelas 1–5. Sehingga, para siswa dapat mengetahui sejauh mana persiapan mereka menghadapi Ujian Pertengahan nanti. shah wa

2 COMMENTS

  1. assalamu'alaikum, mohon penjelasan, apakah nilai ulangan umum diperhitungkan pada nilai ujian pertengahan tahun? syukron

    • Wa'alaikum salam…
      Nilai Ulangan Umum memang tidak diperhitungkan pada nilai Ujian Pertengahan Tahun, tapi akan berpengaruh pada kesiapan siswa dalam menghadapi Ujian Pertengahan Tahun. Karena, sebagaian besar materi yang di Ulangan Umum sudah mencapai 75% materi Ujian Pertengahan Tahun. Jika, nilainya sudah bagus pada Ulangan Umum… insya Allah, nilai Ujian Pertengahan tidak jauh berbeda. Demikian penjelasannya. Syukron

Comments are closed.

Popular Articles