Date:

Share:

Ujian untuk Belajar, Bukan Belajar untuk Ujian

Related Articles

Ujian untuk Belajar, bukan belajar untuk ujian
Suasana Ujian Lisan Siswa Akhir KMI pada materi Bahasa Arab 1

GONTOR–Praktik Mengajar atau yang biasa disebut dengan “Amaliyah at-Tadris” baru saja usai seminggu lalu, satu langkah selesai. Kendati demikian, sebagian siswa Kelas 6 KMI Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) masih perlu melewati dua tahapan ujian yang tidak kalah berat. Ujian Lisan dan Ujian Tulis. Ujian Lisan kali ini, berlangsung dari 20 R. Tsani s.d. 2 Rajab 1435/20 April s.d. 1 Mei 2014, melibatkan 1197 orang siswa dan 105 orang guru. Penguji sebagian besar adalah guru-guru senior, guru-guru semi senior dan guru tahun ke-5.

Sebagai ujian akhir, Ujian lisan dinilai amat komprehensif. Materi pelajaran dari kelas 1–6 KMI diujikan satu-persatu, walau tidak pada semua materi. Yakni Meliputi 7 subjek pelajaran. Bahasa Arab 1 (Muhadatsah, Muthala’ah, Sharf, dan Nahwu), Bahasa Arab 2 (Tarikhu al-Adab al-Lughah, Mahfudzat, dan Balaghah), subjek Bahasa Inggris (Conversation, Reading, dan Grammar), subjek Tauhid (Tauhid, Muqaranatu al-Adyan, ad-Dinu al-Islam, dan Sosiologi), subjek al-Qur’an (al-Qur’an, Juz ‘Amma, Ibadah al-Qauliyah, Ibadah al-Fi’liyah, dan Tajwid), subjek Fiqh (Masa’il Fiqhiyah, Bidayatu al-Mujtahid, dan Ushul Fiqh), dan subjek Tarbiyah (Ushulu at-Tarbiyah, Kepondokmodernan, Psikologi Umum, dan Psikologi Pendidikan). Ujian Kelas 6 KMI berbeda dengan ujian tingkatan kelas di bawahnya, 2 orang diuji sekaligus setiap giliran berdurasi 1X45 menit.

Fachri Muhammad (Kelas 6-F) salah seorang siswa Kelas 6 mengakui, “yang paling sulit pada Ujian Akhir adalah ketika Ujian Lisan, karena kita harus langsung menjawab dan hampir tidak ada waktu untuk berpikir”. Tegasnya, di sela-sela belajar sambil menunggu giliran masuk ruang ujian. Di Gontor, Sejatinya, hakekat ujian adalah untuk belajar dan bukan ujian untuk belajar. Inilah jiwa dan nilai yang selalu dipegang erat oleh seluruh pelaku pendidikan di Gontor. elfah

Popular Articles