Date:

Share:

Ujian Pelajaran Sore Akhir Tahun Telah Rampung

Related Articles

"Pendidikan"DARUSSALAM — Panitia Ujian Pelajaran Sore Akhir Tahun 1432 telah merampungkan pelaksanaan ujian dengan berakhirnya ujian materi bahasa, Rabu (15/6).  Ujian pelajaran sore ini terbagi menjadi 2 macam, yaitu Ujian Lisan yang hanya dilaksanakaan pada Jum’at, 9 Juni 2011 dan Ujian Tulis yang dilaksanakan selama 5 hari berikutnya. Dimulai pada Sabtu, 10 Juni 2011, hingga Rabu, 15 Juni 2011.

Pelajaran Sore merupakan kegiatan belajar mengajar ekstra di Pondok Modern Darussalam Gontor yang dimulai pada pukul 14.00 — 15.00 menjelang Ashar, sebagai tambahan pelajaran yang kebanyakan berupa materi pendalaman bahasa. Sehingga, dapat menambah pemahaman pelajaran yang diajarkan di waktu pagi. Secara umum, materi yang dipelajari pada Pelajaran Sore sama halnya dengan pelajaran di waktu pagi hari. Hanya saja pembahasan yang dipelajari berbeda, meskipun menggunakan buku yang sama.

Mengenai materi Ujian Lisan, mencakup bacaan Alquran, hapalan Juz ‘Amma, do’a-do’a dan bacaan zikir, serta praktek ibadah. Sedangkan materi Ujian Tulis meliputi yaitu semua materi Pelajaran Sore seperti Muthola’ah, Nahwu, Sharf, dan Reading (Bahasa Inggris). Tetapi, terdapat satu pelajaran yang tidak diajarkan di kelas, namun diujikan yaitu materi bahasa sehari-hari. Materi ini terdiri dari kosa-kata, kata mutiara, maupun istilah-istilah berbahasa Arab dan Inggris, yang setiap hari disampaikan kepada seluruh santri se-Darussalam oleh para pengurus asrama mereka masing-masing.

Adapun jumlah santri yang mengikuti ujian kali ini sekitar 2.753 orang dari kelas 1 — 4 Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI). Sedangkan siswa kelas 5 KMI hanya mengikuti ujian materi bahasa sehari-hari saja yang dilaksanakan pada Rabu malam, hari terakhir ujian, karena sebagian dari mereka ada yang menjadi anggota panitia dan sebagian lainnya menjadi pengawas ujian membantu guru-guru. Panitia beranggotakan 98 orang yang terdiri dari 11 orang guru KMI dan 87 orang siswa kelas 5 KMI.

 

Previous article
Next article

Popular Articles