Date:

Share:

Ujian Lisan Siswa Akhir: Pertempuran Belum Usai!

Related Articles

DARUSSALAM – Menghadapi ujian al-Tarbiyah al-‘Amaliyah (ujian praktek mengajar), cukup menguras tenaga, fikiran, dan perasaan segenap Siswa Akhir KMI. Kini, ujian praktek itu telah berlalu. Tidak ada waktu bagi mereka untuk bersantai. Karena sudah menanti di hadapan mereka, ujian selanjutnya, ujian lisan.

Ujian lisan yang dihadapi oleh Siswa Akhir KMI dilaksanakan selama kurang lebih dua minggu. Dimulai pada Kamis (9/4) dan akan berakhir pada Selasa (21/4). Teknik pelaksanaan ujian lisan bagi Siswa Akhir KMI sedikit berbeda dengan adik-adik kelasnya, jumlah materi yang diujikan pun jauh berbeda. Siswa kelas 1 hingga kelas 5, memasuki ruang ujian satu per satu. Berbeda dengan Siswa Akhir KMI, mereka memasuki ruang ujian berpasang-pasang.

Materi ujian yang begitu banyak, meliputi materi pelajaran kelas 1 hingga kelas 6, menuntut mereka untuk masuk ke ruang ujian sebanyak tujuh kali dalam dua minggu waktu pelaksanaan ujian. Materi-materi tersebut adalah :

  1. Bahasa Arab I : al-Muhadatsah, al-Muthala’ah, Nahwu, dan Sharf.
  2. Bahasa Arab II : Balaghah, Tarikh al-Adab al-Araby, dan Mahfudzat.
  3. Tauhid : Tauhid, dan al-Adyan.
  4. Fiqh : Fiqh (Bidayatu al-Mujtahid), al-Masa’il al-Fiqhiyah al-Mu’ashirah, Ayatu al-Ahkam, al-‘Ibadah al-‘Amaliyah, dan al-‘Ibadah al-Qauliyah. 
  5. Tarbiyah : Ushulu al-Tarbiyah, al-Tarbiyah al-‘Amaliyah, Psikologi Umum, dan Psikologi Pendidikan.
  6. Al-Qur’an : Tilawatu al-Qur’an, al-Tajwid, dan Hifdzu Juz A’mma.
  7. Bahasa Inggris : Conversation, Reading, dan Grammar.

Sebanyak 724 jumlah Siswa Akhir Gontor Pusat terbagi menjadi lima unit. Setiap unit terdiri dari sebelas kelompok dan setiap kelompok terdiri dari dua belas hingga empat belas siswa Akhir KMI. Untuk menguji mereka, KMI mengerahkan seluruh asatidz tahun kelima hingga asatidz senior. Dalam setiap ruang ujian, Siswa Akhir KMI akan diuji oleh dua sampai tiga orang asatidz. Karena jumlahnya yang cukup besar, KMI menjadikan komplek Sudan (Gd. Pakistan, Gd. Sudan I dan II) sebagai tempat pelaksanaan ujian ini.
Ujian akhir KMI adalah ujian yang berat. Siswa Akhir KMI tidak akan mampu menghadapinya. Dimulai dari ujian praktek mengajar, ujian lisan, kemudian ujian tulis, yang akan memakan waktu selama kurang lebih dua bulan. Kecuali dengan terus dibimbing, diarahkan, diawasi, dan terus didoakan. Tidak cukup sampai disitu, setelah ujian tulis berakhir. Mereka masih diuji lagi dengan diberi tugas untuk membantu panitia ujian akhir tahun. Maka peran aktif asatidz untuk membimbing mereka sangat dibutuhkan. Demikian nasihat K.H. Syamsul Hadi Abdan kepada segenap asatidz penguji ujian lisan Siswa Akhir. farouq

Popular Articles