Date:

Share:

Ujian Akhir Kelas 6 Tinggal Menghitung Hari

Related Articles

Pertemuan Koordinasi Pengawas Ujian Kelas 6 KMI
Pertemuan Koordinasi Pengawas Ujian Kelas 6 KMI

DARUSSALAM–Panitia Ujian Akhir Kelas 6 Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) di Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) mengadakan pertemuan koordinasi dengan seluruh pengawas ujian dari guru-guru KMI, Senin (29/12) malam. Acara yang bertempat di Aula Afghanistan ini juga dihadiri Pimpinan Pondok dan Direktur KMI. Pertemuan koordinasi ini menandakan semakin dekatnya waktu ujian akhir yang telah lama ditunggu-tunggu segenap siswa dan siswi Kelas 6 KMI, baik di Gontor Pusat maupun cabang-cabangnya.

Ujian akhir ini diawali dengan ujian tulis (tahriri) gelombang pertama yang akan datang kurang dari seminggu lagi, tepatnya pada hari Sabtu (3/1) di awal Tahun Baru 2015 nanti. Materi yang diujikan sebanyak 13 mata pelajaran. Gelombang pertama ini dijadwalkan berlangsung selama lima hari, Sabtu–Senin, 3–7 Januari 2015, dan digelar serempak di Gontor Pusat dan cabang-cabangnya, baik putra maupun putri. Peserta ujian tahun ini mencapai 1.279 siswa dan 1.064 siswi.

Pada waktu bersamaan, segenap siswa dan siswi KMI dari Kelas 1–5 KMI menikmati masa-masa liburan mereka di rumah masing-masing. Liburan Pertengahan Tahun untuk adik-adik kelas berlangsung selama 10 hari, Kamis–Sabtu, 1–10 Januari 2015. Mereka telah menjalani Ujian Pertengahan Tahun selama sebulan penuh yang berakhir pada Selasa (30/12) ini. Sementara siswa Kelas 6 baru akan memulainya beberapa hari yang akan datang. Dan setelah ujian, merekalah yang akan menyambut kedatangan adik-adik kelas mereka sepulang dari liburan.

Siswa Kelas 6 memang tidak memiliki waktu berlibur di rumah sebagaimana adik-adik kelasnya. Sebagai siswa akhir KMI, mereka dipersiapkan untuk menghadapi ujian terakhir dan terberat selama menjadi santri. Sehingga, mereka benar-benar siap menjadi alumni Gontor dengan bekal iman, ilmu, akhlak, dan adab. Karena itulah, siswa Kelas 6 memiliki tugas dan tanggung jawab yang tidak ringan dengan aktivitas yang padat. Mereka mendapatkan karantina khusus dari guru-guru pembimbing agar mampu berjuang di tempat pengabdian nanti atau di masyarakat kelak.

Ujian gelombang pertama ini ibarat pemanasan bagi mereka. Pada bulan Maret 2015 nanti, mereka akan menghadapi ujian yang lebih besar dan lebih lama, yaitu ujian akhir gelombang kedua. Berbeda dengan ujian gelombang pertama, ujian gelombang kedua memakan waktu hampir dua bulan. Materi yang diujikan lebih banyak karena mencakup pelajaran sejak mereka duduk di Kelas 1 sampai ke kelas 5. Belum lagi, ujian praktik mengajar atau biasa disebut TarbiyahAmaliyah atau ‘Amaliyah Tadris yang benar-benar menguji mental setiap siswa. Pada gelombang kedua ini pula diadakan ujian lisan (syafahi) secara berpasangan yang berlangsung selama dua minggu.

Pada waktu-waktu itulah, seluruh siswa Kelas 6 seakan memiliki dunia tersendiri tanpa bisa diganggu-ganggu oleh kegiatan apapun selain belajar dan ujian. Mereka selalu dibimbing guru-guru agar berkonsentrasi penuh untuk melewati hari-hari tersebut. Maka, tak ada kebahagiaan yang paling mereka dambakan kecuali setelah ujian akhir usai, tepat ketika bel di hari terakhir ujian tulis gelombang kedua nanti berdentang keras, menandakan masa-masa terberat itu telah mereka lewati dengan selamat. Sisanya adalah berdoa, minta doa, dan saling mendoakan hingga Ramadhan tiba, saat nama-nama mereka dipanggil satu per satu untuk menerima pengumuman kelulusan dan tempat pengabdian masing-masing. Mulai saat itulah mereka resmi menjadi alumni Gontor yang diidam-idamkan. elk

Popular Articles