Date:

Share:

Tingkatkan Minat Santri Terhadap Eksakta, KMI Adakan LSE

Related Articles

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Suasana praktik yang dilakukan anggota Excat Club

GONTOR–Laboratory Science Expo (LSE) merupakan kegiatan tahunan di Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG). Acara ini diadakan oleh staf Kulliyatu-l Mu’allimin al-Islamiyyah (KMI), dengan dibantu staf Laboratorium yang jumlahnya mencapai 8 orang, serta panitia dari kelas 3 KMI sebanyak 15 orang.

“Tujuan acara ini adalah untuk menunjukkan alat-alat Laboratorium beserta praktik dan percobaan hasil dari pembelajaran anggota Excat Club selama se-tahun terakhir.” ujar Abdul Muiz, seorang staf Laboratorium.

Acara yang digelar pada hari Jum’at (27/20  ini bertempat di depan gedung Aligarh. Beberapa stand dibuka dalam kesempatan ini. Diantara stand-stand itu adalah Stand Fisika, Biologi, Kimia, Komputer, Kerajinan, Perpustakaan Science. Dalam setiap stand terdapat beberapa anggota Exact club yang bertangungjawab menjaga seluruh alat-alat dan menunjukkan percobaan-percobaan yang terdapat dalam stand tersebut. Dari ke-enam stand tersebut stand kimia adalah stand yang paling ramai dikunjungi para santri, hal ini dikarenakan terdapat banyak percobaan yang dipertunjukkan dalam stand tersebut.

“Agar acara ini bisa sukses, kami dari staf laboratorium telah mempersiapkannya sejak 2–3 minggu yang lalu, sebelum acara di mulai. Mulai dari percobaan-percobaan dan eksperimen yang akan di tampilkan, sampai background dan juga denah tempat sekalipun.” ujar Nurkholis, selaku penanggungjawab acara ini.

Berbagaimacam percobaan dan peraktik diperlihatkan pada kesempatan ini. Percobaan itu antaralain; di stand Fisika terdapat robot sederhana, baterai kentang, dan aliran elektrolit. Di stand Biologi terdapat bedah ketak, tes darah, tes Zat keasaman air. Di stand Kimia terdapat percobaan membuktikan zat pewarna pada makanan, Mariam kimia, serta mengelupas cangkang telur dengan mengginakan cuka.

“Acara ini adalah bukti bahwasanya PMDG dapat memanfaatkan laboratorium yang ada dengan baik, dengan adanya acara ini diharapkan rasa minat santri terhadap pelajaran eksakta meningkat.” ujar Masyhudi Subari, Bapak Direktur KMI saat membuka acara ini secara resmi. ikami86

Popular Articles