Date:

Share:

Tingkatkan Kualitas Kepramukaan, Mabikori Gelar Gladian Pinsa dan Pinru

Related Articles

Suasana Gladian Pinsa dan Pinru di Pondok Modern Darussalam Gontor, Sabtu-Jumat (16-21/11).
Suasana Gladian Pinsa dan Pinru di Pondok Modern Darussalam Gontor, Sabtu-Jumat (16-21/11).

DARUSSALAM – Acara gladian pinsa dan pinru adalah suatu orientasi kepramukaan dasar yang diadakan oleh Koordinator Gerakan Pramuka setiap tahunnya. Pada tahun ini, acara dilaksanakan selama 1 Minggu, terhitung dari hari Sabtu–Jum’at (16–22/11) untuk segenap pramuka gontor, yang bertempat di sekitar kampus Pondok Modern Darussalam Gontor, dan ditutup dengan acara rekreasi dan lain-lain, pada hari Jum’at (29/11) di Sarangan. Acara ini bertujuan agar segenap pimpinan sangga dan regu bisa memberi contoh kepada semua adika tentang bagaimana berpramuka yang baik.

Panitia acara ini adalah siswa kelas 5 KMI yang berjumlah 20 orang dan dibantu oleh pengurus harian Koordinator Gerakan Pramuka, dan diikuti oleh santri yang menjabat sebagai Pimpinan Sangga (Pinsa) dan Pimpinan Regu (Pinru) dari setiap Gugus Depan.

Materi yang disampaikan oleh Majelis Pembimbing Koordinator Harian (Mabikori) dengan bantuan segenap pengurus Koordinator Gerakan Pramuka ini, meliputi skill dasar kepramukaan seperti: Upacara, Dinamika Kelompok, Baris-berbaris, Morse, Semaphore, perkemahan, P3K dan lain-lain.

Adapun sistematika jalannya session pada tahun ini mengambil cara yang berbeda dari tahun sebelumnya, yang mana pada tahun sebelumnya hanya mengadakan orientasi dengan proyektor. Namun, pada tahun ini lebih mengutamakan praktek dan lebih interaktif dan menyenangkan sehingga tidak membosankan. Para Pinsa dan Pinru diberi rute yang terdiri dari berbagai pos, setiap pos dijaga oleh panitia dan pemateri, setiap pos memiliki materi yang bermacam-macam dan ditutup dengan evaluasi setiap sorenya.ikami86

Popular Articles