Date:

Share:

KMI Gelar Praktik Manasik Haji Bagi Siswa Baru

Related Articles

Khusyuknya para siswa saat melaksanakan praktik manasik haji.
Khusyuknya para siswa saat melaksanakan praktik manasik haji

DARUSSALAM–Guna meningkatkan interpretasi santri dalam materi Fiqh, khususnya mengenai ibadah haji, Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) mengadakan praktik manasik haji yang diprogramkan untuk siswa baru Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI). Kegiatan yang melibatkan sekitar 40 orang guru pengajar materi Fiqh dan 1.200 orang siswa baru ini berlangsung selama lima hari (22-27/3) di area sekitar pondok.

“Salah satu cara terbaik dalam belajar adalah praktik, sehingga pengetahuan dan wawasan siswa bukan sekadar tulisan teoritis di otak yang berasal dari buku saja, tetapi paham dan betul-betul mengerti cara melaksanakannya,” ucap K.H. Masyhudi Subari, M.A. selaku Direktur KMI, saat mengarahkan tata cara pelaksanaan program praktik manasik haji kepada guru-guru pengajar Fiqh.

Replika Ka’bah dan tempat jumrah, juga beberapa lokasi yang ditandai sebagai Padang Arafah, Mina, Shafa, dan Marwah, turut dipersiapkan untuk kegiatan ini, dengan maksud agar seluruh siswa mampu menjiwai dan menghayati materi ibadah haji ini, serta membangun harapan dan cita-cita dalam diri mereka untuk menunaikan ibadah haji yang sebenarnya kelak. sazza

 

Popular Articles