Silatnas Keluarga Besar PMDG Padati JCC Reviewed by Momizat on . JAKARTA—Silaturrahim Nasional (Silatnas) Keluarga Besar Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) yang memadati Jakarta Convention Center (JCC), Ahad (17/1) JAKARTA—Silaturrahim Nasional (Silatnas) Keluarga Besar Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) yang memadati Jakarta Convention Center (JCC), Ahad (17/1) Rating:
You Are Here: Home » Berita » Silatnas Keluarga Besar PMDG Padati JCC

Silatnas Keluarga Besar PMDG Padati JCC

JAKARTA—Silaturrahim Nasional (Silatnas) Keluarga Besar Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) yang memadati Jakarta Convention Center (JCC), Ahad (17/1) lalu, berlangsung sukses. Acara yang dihadiri ribuan alumni Gontor se-Indonesia ini mengundang empat orang menteri dari Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II. Keempat menteri tersebut adalah Menteri Agama (Menag), Drs. Suryadharma Ali, M.Si., Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo), Tifatul Sembiring, Menteri Pertanian, Ir. H. Suswono, MMA dan Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan. Acara dimulai dengan pentas seni yang dilanjutkan dengan Talk Show bersama Menkominfo, Tifatul Sembiring, dan Menteri Pertanian, Ir. H. Suswono, MMA. Setelah itu, panitia menggelar dialog dengan tokoh-tokoh alumni Gontor.


Menjelang Silatnas, panitia menggelar acara Sarasehan di Hotel Shofran yang dihadiri para pengasuh Pondok Cabang dan beberapa Pimpinan Pondok Alumni, Jum’at (15/1) malam. Dalam kesempatan ini, salah satu Pimpinan PMDG, K.H. Syamsul Hadi Abdan, S.Ag. bersama Dr. H. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.A., K.H. Imam Subakir Ahmad dan Dr. H. Hidayatullah Zarkasyi, M.A. berbicara banyak hal mengenai filsafat hidup di Gontor yang erat kaitannya dengan Panca Jiwa dan Motto PMDG. Selain itu, K.H. Syamsul Hadi Abdan, S.Ag. juga menyampaikan program-program Gontor yang terangkum dalam Panca Jangka PMDG.

Adapun sehari sebelum diadakan Silatnas, berlangsung acara silaturrahim antara para pengasuh Pondok Cabang dan Pimpinan Pondok Alumni se-Indonesia di Hotel Grand Alia, Sabtu (16/1) pagi. Kali ini, Pimpinan PMDG, Dr. K.H. Abdullah Syukri Zarkasyi, M.A. didampingi Koordinator Alumni Pondok Modern Gontor sekaligus Bupati Sumbawa Barat, Dr. Zulkifli Muhadi, menerangkan visi dan misi Gontor ke depan. Kini, alumni Gontor sudah mempunyai peran dan fungsi di berbagai lini kehidupan. Sehingga, para alumni haruslah berperan aktif di bidang mereka masing-masing demi mewujudkan cita-cita Trimurti.

Di samping itu, panitia juga mengadakan pertemuan tokoh-tokoh alumni Gontor, Sabtu (16/1) malam, seperti Dr. H. Hidayat Nur Wahid, Prof. Dr. Dien Syamsuddin dan beberapa tokoh lainnya yang sangat berperan penting, baik di tingkat lokal ataupun di tingkat nasional dan internasional. Acara bertempat di Hotel Sahid Jaya dengan wacana prospektif yang membicarakan berbagai program kebijakan pondok di Indonesia.  

Silatnas tahun ini mengusung tema “Mengembangkan Potensi untuk Indonesia yang Lebih Maju dan Mandiri”. Dengan keberadaan Gontor di Indonesia, diharapkan dapat meningkatkan kemajuan dan kemandirian negara yang kaya akan sumber daya alam ini. Oleh karena itu, dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas untuk mengelola segala potensi yang dimiliki Indonesia.