Date:

Share:

Semangat Kepramukaan Dalam Duta Gudep Gontor Putri 1

Related Articles

MANTINGAN – Koordinator Gugus Depan Gerakan Pramuka (KGGP) Gontor Putri 1 menggelar kontes Duta Gugus Depan (Gudep) dan berbagai lomba yang berkaitan dengan bidang kepramukaan untuk mendorong para adika penggalang dan penegak menjadi seorang pandu yang shalihah dan meningkatkan daya sentuh kepramukaan terhadap anggota Darussalam. Ustadz Ahmad Suharto, M.Pd. menuturkan, “pramuka adalah salah satu pendidikan karakter untuk mendidik mental dan kepribadian dengan ajang dalam berbagai bentuk di luar kelas.” Pidato tersebut disampaikan dalam acara pembukaan Duta Gudep di Lapangan Saudi 2, Kamis (2/4).

Acara ini melibatkan 40 anggota penggalang dan 40 anggota penegak. Pada Duta Gudep ini, materi meliputi kepramukaan, kepondokmodernan dan keputrian. Para finalis telah disaring melalui tiga babak selama dua minggu terakhir. Soal yang diberikan bukan hanya soal lisan tetapi juga soal praktik. Praktik kali ini, finalis penggalang diminta untuk membuat kreasi dari kain perca dan manik-manik. Lain halnya dengan penegak yang diminta untuk membersihkan dan mengolah ikan. Dari pengamatan pembimbing koordinator, dibanding tahun-tahun sebelumnya, tahun ini, praktik sangat menguji kreatifitas dan kemampuan adika berdasarkan kodrat wanita.

Salah satu anggota Mabikori Gontor Putri 1, Nafisatul Khoiriyah, mengatakan, “kami menerapkan sistem penilaian baru (Red-Training Out) dengan menilai dan memantau para finalis selama tiga hari sebelum babak final. Penilainnya seperti membaca al-Qur’an, PBB, Tali-temali, Semaphore dan Morse. Khususnya pemantauan terhadap akhlak finalis di Rayon dan di kelas.” Diharapkan setelah kegiatan Duta Gudep ini berlangsung, para Duta Gudep dapat menjadi Qudwatun Hasanatun dimanapun mereka berada sehingga dapat menumbuhkan jiwa kompetitif dan edukatif bagi anggota Darussalam lainnya.

Duta Gudep kali ini dimenangkan oleh Agnes Dwi Krisanti siswi KMI kelas 2B mewakili Gudep 17-64 penggalang. Penegak diwakili oleh Endah Noveta siswi kelas 4B dari Gudep 17-70. Disamping penyelenggaraan kontes Duta Gudep, acara ini disemarakan oleh berbagai lomba diantaranya adalah lomba membuat parsel, membuat stand Gudep, lomba karya tulis ilmiah (LKTI) dan pioneering indah.datagp1

Popular Articles