Date:

Share:

Seleksi Tahap Kedua: 57 Santri Lulus Seleksi ke Jakarta

Related Articles

Suasana Seleksi Tahap Kedua Olimpiade Matematika
Suasana Seleksi Tahap Kedua Olimpiade Matematika

Gontor- Seleksi Nasional Olimpiade Matematika Fakhruddin Ar-Rozi ke-5 memasuki tahap kedua. Setelah sebelumnya seleksi pertama dengan jumlah peserta 210 santri, sekarang peserta yang mengikuti tahap kedua ini berjumlah 78 santri. Mereka terdiri dari kelas 1 berjumlah 28 santri, kelas 2 berjumlah 22 santri, kelas 3 berjumlah 28 santri. Acara ini diadakan di 35 kota di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Bogor dan kota-kota besar lainnya.

Dilaksanakan di Aula Saudi, pada hari Ahad, (20/9) seluruh pengikut Olimpiade ini berusaha keras untuk menjawab semua soal, karena yang ditanyakan tidak hanya tentang Matematika, tetapi juga meliputi pengetahuan agama Islam. Mereka menyiapkan olimpiade ini dengan sungguh-sungguh, bahkan staf Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI) sampai menyiapkan jadwal tambahan khusus untuk mereka. Pada waktu khusus itu setiap hari dari pukul 20.00–20.45 WIB mereka menjawab soal latihan secara berdiskusi.

Tepat pada tanggal 4 Oktober, panitia mengumumkan santri Gontor Ponorogo yang lulus seleksi ke Jakarta berjumlah 57 santri. Terdiri dari Kelas 1 berjumlah 24 santri, Kelas 2 berjumlah 14 santri, dan kelas 3 berjumlah 19 santri. Bapak Direktur KMI, K.H. Masyhudi Subari, M.A. juga mengumumkan hal ini di depan bapak-bapak Guru KMI ketika pertemuan mingguan. Beliau tidak bisa menutupi rasa syukur ini, dan berpesan agar anak-anak yang lulus harus ditingkatkan lagi keilmuan agama dan keilmuan umumnya.

“Awalnya kami kurang PD, karena Matematika bukan pelajaran yang banyak peminatnya di Gontor,” komentar salah satu guru Matematika, Al-Ustadz Untung Purwandi, “namun melihat semangat mereka, lambat laun keadaan itu berubah, kami menjadi yakin bisa memenangi Olimpiade ini.” Ini akan menjadi motivasi bagi santri yang lain. Agar santri-santri tahu, Matematika bukanlah pelajaran yang sulit.  Lomba ini sudah dipersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya, tepatnya saat dimulai pendalaman materi Matematika untuk guru-guru KMI.

“Antusisas mereka luar biasa,” ungkap salah satu panitia penyelenggara, Al-Ustadz Syarif Hidayat, setelah ditanya, mayoritas motivasi mereka adalah ingin membanggakan orang tua dengan prestasi. Menurutnya, jumlah yang sebanyak ini sudah merupakan prestasi besar untuk Gontor, karena ini kali pertamanya Gontor mengikuti olimpiade dan sudah mengirimkan peserta sebanyak itu. Aa Rum

Popular Articles