Date:

Share:

Kelas 5 KMI Gontor Putri 1 Selami Lautan Ilmu di “Fathu al-Kutub”

Related Articles

MANTINGAN–Pada Sabtu (31/1) pagi, kegiatan Fathu Kutubi al-Turātsi al-Islāmiy di Gontor Putri 1 dibuka oleh K.H. Syamsul Hadi Abdan, Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor. Acara yang biasa disingkat dengan istilah Fathu al-Kutub ini bertempat di Auditorium Gontor Putri 1. Program tahunan Kulliyatu-l-Mu’allimat Al-Islamiyah (KMI) ini dijadwalkan berlangsung hingga Rabu (4/2) nanti.

K.H. Syamsul Hadi Abdan menyampaikan sambutan pada pembukaan Fathul Kutub kelas 5 KMI di Gontor Putri 1.
K.H. Syamsul Hadi Abdan menyampaikan sambutan pada pembukaan Fathul Kutub kelas 5 KMI di Gontor Putri 1.

Fathu al-Kutub yang diadakan di akhir tahun ini wajib diikuti oleh seluruh siswi kelas 5 KMI. Pada tahun ini, jumlah mereka mencapai 590 siswi yang dibagi menjadi 39 kelompok. Dalam pelaksanaannya, para siswi ini mencari buku yang sesuai dengan permasalahan meliputi tiga bidang keagamaan: akidah, hadits, dan fiqh. Kemudian mereka membahasnya secara mandiri. Di akhir pembahasan, diadakanlah diskusi antarsiswi per kelompok di bawah bimbingan guru-guru.

Fathu al-Kutub merupakan sarana untuk menguji kemampuan bahasa Arab siswi, khususnya dalam mengkaji kutub turāts. Maksudnya, dengan program ini, mereka akan belajar menentukan jenis i’rab, mengerti isinya, dan bisa menjelaskannya kepada orang lain,” papar K.H. Syamsul Hadi Abdan dalam sambutannya.

Beliau melanjutkan, “Gontor berbeda dengan pondok-pondok lain. Buku-buku yang dikaji di sini tidak terbatas pada satu madzhab saja. Alasannya, agar kalian punya wawasan luas dan menjadi bijak dalam menyikapi perbedaan madzhab ulama-ulama.” fe

Popular Articles