Date:

Share:

Santri Gontor Hadapi Ujian Tahriri

Related Articles

GONTOR — Ujian Pertengahan Tahun 1432 di Pondok Modern Darussalam Gontor telah memasuki masa ujian tahriri (ujian tulis-red). Pimpinan Pondok, Dr. KH. Abdullah Syukri Zarkasyi, MA berkenan menyampaikan sambutan pada acara pembukaan ujian tahriri tadi pagi, Senin (31/1), di depan Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM). Seluruh santri diwajibkan menghadiri acara pembukaan ini sebelum mengikuti ujian tahriri yang tinggal menunggu waktu karena beberapa saat setelah selesainya acara mereka akan menuju ruang ujian masing-masing untuk mengikuti ujian mata pelajaran pertama.

Ujian merupakan salah satu agenda terbesar di Pondok Modern Darussalam Gontor yang tidak hanya melibatkan seluruh santri, akan tetapi juga melibatkan seluruh komponen asatidz. Maka, pelaksanaannya pun terorganisasi dengan baik melalui panitia ujian yang ditentukan Pimpinan Pondok. Selain itu, ujian di Gontor tidak hanya meliputi aspek akademis, akan tetapi juga mencakup aspek mental. Sehingga, ujian yang ada di pondok ini menuntut seluruh santri dan asatidz untuk bersungguh-sungguh dan jujur. Gontor akan menindak tegas siapapun yang berlaku curang dalam ujiannya.

Ujian yang dilaksanakan Pondok Modern Darussalam Gontor bertujuan mendidik santri-santrinya untuk mencintai ilmu pengetahuan. Menurut filsafat pendidikan Gontor, belajar itu bukanlah untuk sekedar mengikuti ujian, namun ujian merupakan sarana untuk belajar. Maka, santri-santri Gontor mengenal istilah ‘ujian untuk belajar, bukan belajar untuk ujian’

shah wa

Popular Articles