Date:

Share:

Rapat Koordinasi, Panitia Fathul Kutub Kelas 6 KMI Matangkan Persiapan

Related Articles

Koordinasi Panitia Pelaksana Fathul Kutub Kelas 6 KMI
Koordinasi Panitia Fathul Kutub Kelas 6 KMI

GONTOR–Menjelang pelaksanaan acara Fathul Kutub Kelas 6 Kulliyatu-l-Mu‘allimin Al-Islamiyah (KMI) Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), panitia pelaksana, yang terdiri dari staf KMI, staf Pengasuhan Santri, dan para wali Kelas 6, mengadakan rapat koordinasi bersama Direktur KMI, K.H. Masyhudi Subari, M.A., Jum‘at (25/10) malam. Bertempat di Kantor KMI, pertemuan ini membahas perencanaan Fathul Kutub yang digelar pada pertengahan November 2013 nanti.

Selain itu, pada kesempatan ini, panitia juga membicarakan berbagai evaluasi terkait pelaksanaan Fathul Kutub tahun sebelumnya. Dengan ini, diharapkan kekurangan yang ada bisa segera dibenahi sebelum waktunya tiba. Sehingga, pelaksanaannya bisa berjalan dengan lancar dan maksimal sesuai target yang telah ditetapkan.

Kegiatan Fathul Kutub Kelas 6 tahun ini dijadwalkan berlangsung selama enam hari, Jum‘at–Rabu, 15–20 November 2013, bertempat di Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM). Acara ini akan diawali dengan pembekalan sejumlah materi pokok Fathul Kutub pada hari pertama dan kedua, meliputi Ilmu Tauhid, Ilmu Fiqh, Ilmu Tafsir, dan Ilmu Hadits. Sedangkan empat hari selanjutnya, acara ini akan dipenuhi dengan kegiatan-kegiatan diskusi dan pembahasan topik-topik permasalahan di bidang Tafsir, Tauhid, Hadits, dan Fiqh.

Fathul Kutub sendiri merupakan kegiatan ilmiah yang termasuk dalam kurikulum pembelajaran di KMI. Selain bagi siswa Kelas 6 KMI, kegiatan keilmuan ini secara khusus juga diperuntukkan bagi siswa Kelas 5. Namun, untuk Kelas 5, kegiatan ini baru diadakan pada akhir tahun nanti (semester II). Dalam acara ini, mereka akan dibimbing oleh para wali kelas untuk membaca, menelaah, dan membahas buku-buku Islam klasik yang sering dikenal dengan istilah “kitab kuning”. Buku-buku yang disediakan mencakup keempat bidang disiplin ilmu tersebut di atas.

Dengan menelaah buku-buku berbahasa Arab tersebut, para siswa dilatih untuk menemukan pemecahan dari berbagai permasalahan yang dibahas secara ilmiah. Di samping memperkaya pengetahuan dan memperluas wawasan keislaman, para siswa juga berkesempatan mengasah dan meningkatkan kemampuan bahasa Arab yang mereka miliki.

Secara teknis, kegiatan ini dilaksanakan berkelompok. Peserta Fathul Kutub dari seluruh siswa Kelas 6 yang berjumlah 821 orang siswa akan dibagi ke dalam 47 kelompok. Kelompok-kelompok ini dibagi lagi menjadi dua unit. Rata-rata, tiap-tiap kelompok beranggotakan antara 16–17 orang siswa.

Selanjutnya, setiap kelompok akan membahas satu materi pembahasan yang ditentukan oleh panitia secara bergilir. Bagi anggota kelompok yang sudah menemukan jawaban dari permasalahan yang dicari, diwajibkan untuk menulis permasalahan dan pembahasannya di buku tulis masing-masing, sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah yang telah ditentukan. Permasalahan tersebut akan dibahas bersama-sama pada waktu diskusi di kelompok masing-masing.

Demikianlah kegiatan ini berlangsung selama empat hari berturut-turut, dari pagi hingga malam hari. Kegiatan akan ditutup dengan acara Diskusi Umum dan penulisan kesan-kesan oleh para peserta Fathul Kutub. shah wa

Popular Articles