Date:

Share:

Pramuka Latih Kepemimpinan Santriwati Kelas 4 dan 3 Intensif

Related Articles

MANTINGAN – Pramuka sebagai salah satu kegiatan ekstrakurikuler di Gontor memiliki peran yang sangat penting dalam melatih mental santriwati. Terlebih dalam acara Latihan Pengembangan Kepemimpinan (LPK) yang dilaksanakan sejak Ahad (22/3) lalu yang bertujuan untuk melatih diri baik dari segi mental dan kepemimpinan.

Peserta tahun ini mencapai 630 santriwati, yakni gabungan dari kelas 4 dan 3 intensif. Diperuntukkan bagi kedua angkatan ini agar dapat menjadi modal dalam berorganisasi dan memimpin saat kelas 5 di tahun setelahnya. Karena mereka akan menjadi pembina pramuka dan pengurus rayon.

“Kalian adalah para pemimpin dan bertanggung jawab bagi orang-orang yang kalian pimpin,” kata Wakil Pengasuh Gontor Putri 1, Ustadz Ahmad Suharto pada pembukaan LPK di aula Kulliyatul banat.

Yang menarik dari LPK tahun ini adalah kreativitas tiap pesertanya dalam membuat atribut dengan instruksi panitia untuk membuat hiasan kepala dengan gambar bangunan yang ada di daerah masing-masing. Beberapa peserta ada yang membuat candi, pabrik teh poci di Tegal, keraton, bahkan ada yang membuat masjid Jami’ Gontor dan gedung Mesir Baru Gontor Putri 1.

Selama enam hari (22-27/3) peserta diberikan pelatihan mengenai kepemimpinan, struktur organisasi, menjadi dirijen, praktik baris-berbaris, praktek menjadi pembina di gugus depan masing-masing, malam api unggun dan cross country.dee

Popular Articles