Praktek Manasik Haji Tingkatkan Pemahaman Siswa Reviewed by Momizat on . GONTOR–Kulliyyatul Mu'allimin Al-Islamiyyah (KMI) Pondok Modern Darussalam Gontor kembali menggelar praktek manasik haji yang diikuti seluruh siswa ke GONTOR–Kulliyyatul Mu'allimin Al-Islamiyyah (KMI) Pondok Modern Darussalam Gontor kembali menggelar praktek manasik haji yang diikuti seluruh siswa ke Rating:
You Are Here: Home » Berita » Praktek Manasik Haji Tingkatkan Pemahaman Siswa

Praktek Manasik Haji Tingkatkan Pemahaman Siswa

GONTOR–Kulliyyatul Mu'allimin Al-Islamiyyah (KMI) Pondok Modern Darussalam Gontor kembali menggelar praktek manasik haji yang diikuti seluruh siswa kelas 1 dan 1 intensif, Sabtu (9/5). Praktek manasik haji yang selalu diadakan setahun sekali ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa KMI terhadap pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan pelajaran yang diajarkan di kelas. Dengan demikian, mereka akan mampu melaksanakan dan menjelaskan rukun Islam kelima ini dengan benar.
Kegiatan di luar kelas ini dilangsungkan selama enam hari dengan dimulai pada hari Sabtu hingga Kamis, 9-14 Mei 2009. Setiap hari ada empat kelas yang mendapat giliran praktek manasik haji, yakni dua kelas dari kelas 1 yang mengadakan praktek pada jam pertama dan kedua, dua kelas dari kelas 1 intensif mendapatkan giliran pada jam ketiga dan keempat.

Praktek manasik haji ini melibatkan seluruh pengajar Fiqh dari kelas 1 dan 1 intensif. Mereka akan mendampingi kelasnya masing-masing pada jadwal yang telah ditentukan. Pada hari pertama, Ust. Gusti M. Shidqi bersama Ust. Ryan Khoirurijal mendampingi seluruh siswa dari kelas 1-B dan 1-C yang mendapatkan giliran pada jam pertama dan kedua. Setelah mengenakan pakaian ihram, “rombongan haji” ini menuju ke tempat-tempat yang telah ditentukan untuk melakukan manasik haji. Beberapa hari sebelumnya, staf KMI telah menandai tempat-tempat manasik seperti “Mina”, “Arofah”, “Muzdalifah” dan lain sebagainya yang telah menjadi ketentuan di dalam pelaksanaan ibadah haji.
“Labbaikallahumma labbaik, labbaika laa syariika laka….labbaik…!” salah seorang “pemimpin rombongan” berseru memimpin teman-temannya meneriakkan talbiyah dalam menunaikan ibadah haji.

Kegiatan ini berlanjut sampai hari terakhir pelaksanaan manasik haji, Kamis (14/5). Pada akhir pelaksanaan praktek manasik haji ini, dua kelas mendapat giliran praktek pada malam hari. Sebabnya, pada hari Kamis setelah jam keempat para asatidz mengadakan perkumpulan mingguan, maka kelas 1-M dan 1-P mendapatkan waktu khusus pada malam harinya. Mereka dibimbing oleh Ust. Akmal Firdaus dan Ust. Fawwaz Ahmad Zarkasyi mengakhiri praktek manasik haji tahun ini.*asa