Date:

Share:

PMDG Adakan Shalat Idul Adha Bersama Masyarakat Sekitar

Related Articles

DARUSSALAM-Setelah Pimpinan PMDG menetapkan bahwa Hari Raya Idul Adha bagi Gontor dan kampus lainnya jatuh pada tanggal 12 September 2016, Pondok Modern Darussalam Gontor adakan Shalat Idul Adha 1437 H sebagai wujud pelaksanaan syari’at islam dan sunnah PMDG, bersama seluruh santri, guru, dan masyarakat sekitar desa Gontor. Keputusan ini berdasarkan hasil Ijma’ Arab Saudi yang juga sama dengan hasil ijma’ Pemerintah di Indonesia.

Tahun ini, Shalat dilaksanakan dengan petugas K.H. Hasan Abdullah Sahal sebagai imam, dan H. Saepul Anwar, S.Ag sebagai khatib. Kegiatan yang merupakan rutinitas wajib tahunan ini, diselenggarakan di depan Masjid Jami’ PMDG tepatnya pukul 06.30 WIB, dimulai dengan Shalat Idul Adha secara berjama’ah kemudian dilanjutkan dengan khutbah.

Dalam khutbahnya, Al-Ustadz H. Saepul Anwar menjelaskan bahwa hari Idul Adha merupakan hari kemenangan bagi seorang Nabi Allah, Ibrahim A.S., dalam menemukan konsep ketauhidan dalam berketuhanan dan juga seorang Nabi yang mendapat ujian dari Allah berupa perintah untuk menyembelih Ismail yaitu putranya sendiri, yang kemudian Allah gantikan dengan seekor domba.

Rutinitas ini berjalan dengan lancar walaupun disertai dengan rintik-rintik hujan, hal tersebut tidak mengurangi kekhusyukan segenap jama’ah Shalat Idul Adha, justru menambah kekhusyukan dan kedekatan kita terhadap Allah dalam pelaksanaan Shalat Idul Adha kali ini.

Setelah shalat, kegiatan dilanjutkan dengan penyembelihan hewan qurban oleh panitia dari santri dan guru KMI secara massal bertempat di depan gedung Yaqdzoh. Selain itu, juga terdapat acara yang tidak kalah pentingnya yaitu Lomba Vocal Group antarkelas yang dilaksakana di Balai Pertemuan. sand88

Popular Articles