Date:

Share:

Persiapan Rihlah Tarbawiyah Hampir Final

Related Articles

"Pendidikan"GONTOR — Memasuki minggu terakhir Ujian Akhir siswa kelas 6 Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI), Panitia Siswa Akhir (PSA) bergegas menyelesaikan segala persiapan untuk acara Rihlah Tarbawiyah (study tour-red) Juli mendatang. “Hingga saat ini, persiapan acara rihlah hampir final, bisa dikatakan sudah mencapai 75 %,” ujar Chairul Umam, Sabtu (18/6), selaku salah satu ketua PSA tahun ini. Siswa kelas 6 KMI yang berasal dari Yogjakarta ini menyebutkan, persiapan yang dimaksud meliputi segala hal terkait kesekretariatan, pembayaran, transportasi, dan kepastian objek yang akan dituju nanti.

Sejatinya, rihlah yang akan diikuti 732 orang siswa kelas 6 ini terbagi ke dalam delapan daerah tujuan. Kedelapan daerah tersebut adalah Surabaya, Bojonegoro, Malang, Gresik, Magelang, Yogyakarta, dan Tasikmalaya. Daerah-daerah ini terpilih karena terdapat beberapa tempat industri atau pabrik-pabrik dan beberapa tempat kerajinan yang bisa menjadi inspirasi bagi para peserta rihlah. Adapun objek rihlah tahun ini mencakup bidang pertanian, peternakan, hingga daur ulang sampah. Kriteria pemilihan objek rihlah tersebut disesuaikan dengan alam pendidikan di Pondok Modern Darussalam Gontor. Lain daripada itu, pemilik objek yang akan dijadikan tempat tujuan rihlah juga harus mudah diajak bekerjasama.

Pembimbing dan penagggung jawab umum Rihlah Tarbawiyah 2011 ini adalah Ustadz Mujahid Imaduddin, staf Pengasuhan Santri. Menurutnya, acara ini sangat berguna sebagai bekal hidup di masa depan. “Adanya rihlah ini untuk membekali calon-calon alumni Pondok Modern Darussalam Gontor yang akan berjuang di berbagai medan dakwah di masyarakat kelak,” jelasnya kepada Gontor Online.

 

Popular Articles