Date:

Share:

Perluas Wawasan, Mahasiswa HES 7 Adakan SPL

Related Articles

Mahasiswa HES 7 berpose bersama staf Bank Syari'ah Bukopin cabang Sidoarjo
Mahasiswa HES 7 berpose bersama staf Bank Syari’ah Bukopin Cabang Sidoarjo.

SIDOARJOSetelah tiga tahun mempelajari teori perbankan syariah di bangku kuliah, guna memperluas wawasan, para mahasiswa semester 7 Fakultas Syari’ah prodi Hukum Ekonomi Syari’ah (HES) mengadakan program Studi Praktik Lapangan (SPL) di Kota Sidoarjo dan Surabaya. Di bawah bimbingan para dosen, mahasiswa yang berjumlah 17 orang ini ditempatkan di beberapa lembaga keuangan: lima orang mahasiswa di Bank Muamalat Cabang Surabaya; empat orang mahasiswa di Bank Syari’ah Bukopin Cabang Sidoarjo; dan delapan orang mahasiswa di Baitul Mal wa Tamwil (BMT) Sidogiri Cabang Sidoarjo dan Surabaya. Acara ini diadakan selama lima hari, dari mulai hari Senin s.d. Jum’at (21–25/10).

 

Dalam waktu yang sesingkat ini, para mahasiswa dituntut untuk aktif selama acara berlangsung. Selama praktik, para mahasiswa yang ditempatkan di BMT Sidogiri Cabang Sidoarjo dan Surabaya banyak mempelajari manajemen operasional pada lembaga keuangan tersebut. Di antara mereka ada yang menjadi kasir dan bertugas menjaga kantor, dan di antara mereka ada yang berkeliling untuk mengajak para warga sekitar menabung. Khusus bagi para mahasiswa yang ditempatkan di Bank Mu’amalat dan Bank Syari’ah Bukopin, mereka semua mempelajari manajemen dan marketing masing-masing bank. Di antara mereka ada yang ditempatkan di back office dan middle office, dan di antara mereka ada yang ditempatkan sebagai Account Officer (AO) dan Relationship Officer (RO), di mana mereka semua mempelajari pendanaan dan pembiayaan yang ada pada masing-masing bank.

Selama praktik lapangan, para mahasiswa tetap menjaga kerapian dan kedisiplinan. Itu semua terlihat ketika mereka memakai pakaian resmi sebagaimana mereka mengajar di pondok, dan selalu tepat waktu dalam kehadiran di masing-masing tempat. Setelah acara ini, diharapkan para mahasiswa mendapatkan pengalaman dalam mengaplikasikan sistem perbankan syari’ah dengan praktik langsung. Selain itu, program ini termasuk ke dalam mata perkuliahan kampus, sehingga diharapkan para mahasiswa bisa mendapatkan nilai yang bagus guna memenuhi nilai KHS mereka. Acara ini ditutup pada hari Jum’at (25/10) dengan pemberian kenang-kenangan kepada masing-masing lembaga keuangan. brahma84

Popular Articles