Date:

Share:

Perluas Pengetahuan, Santriwati Gontor Putri 1 Ikuti Seminar Fotografi

Related Articles

MANTINGAN – “Fotografi itu penting, karena foto mengungkapkan sejarah.” Itulah salah satu untaian sambutan dari Wakil Pengasuh Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1, Ustadz H. Ahmad Suharto, M.Pd.I. dalam acara Seminar Fotografi yang diadakan sejak tanggal 2-4 Februari 2015, di Auditorium Kulliyatu-l-Banat pada siang hari sekitar pukul 14.00 WIB. Seminar tersebut turut mengundang Ustadz Ali Effendy sebagai Tutor utama dalam seminar ini. Beliau merupakan salah satu Alumni Gontor yang telah menggeluti dunia fotografi selepas tamat KMI. Saat ini fotografi telah menjadi profesinya maka, tak salah jika beliau merupakan tutor  dalam seminar kali ini.

Ustadz Ali Effendi berpose bersama para peserta acara.
Ustadz Ali Effendi berpose bersama para peserta acara.

Seminar Fotografi merupakan salah satu agenda Pondok Modern Darussalam Gontor yang diadakan setiap satu tahun sekali di bawah naungan Bagian Fotografi Organisasi Pelajar Pondok Modern (OPPM). Seminar yang berlangsung selama dua hari ini diikuti oleh perwakilan dari kelas satu sampai dengan kelas enam KMI, kurang lebih peserta mencapai 471 santriwati. Dalam materinya kali ini, para Santriwati diperkenalkan dengan istilah fotografi, macam-macam kamera, fungsi pada pengaturan di kamera, sikap yang harus dimiliki seorang fotografer serta manfaat dan prospek fotografi di masa depan. Tak hanya pemberian materi dengan teori, materi yang diberikan juga dengan praktik oleh beberapa perwakilan santriwati. Sepeti motto Gontor, “Berpengetahuan Luas”, maka aplikasi pendidikan Gontor bukan hanya dididik dalam kelas tapi juga dalam luar kelas.

Rangkaian seminar tersebut juga membuka forum tanya jawab antara tutor dan peserta seminar tentang fotografi tersebut. Di sini santriwati terlihat aktif dan antusias untuk mengetahui lebih banyak tentang pemotretan. Mereka akhirnya mendapat jawaban bagaimana mendapatkan gambar berkualitas baik. Tujuan seminar fotografi bagi santriwati bukan hanya dapat menyalurkan hobi dan bakat tapi juga dapat memperdalam potensi mereka dalam dunia fotografi. Tentunya bagi santriwati yang masih awam akan fotografi mendapatkan pengetahuan dasar fotografi karena salah satu visi dari seminar ini untuk menumbuhkan cita rasa seni dalam fotografi kepada santriwati.

Keaktifan dan antusias santriwati dalam seminar ini dinilai oleh panitia di setiap materi. Ada  Peserta teraktif kali ini, dua diantaranya adalah Nur Diana dari kelas 4G dan Minsyin Finicia dari kelas 3 Intensive D.pusdatgp1

 

Popular Articles