Date:

Share:

Perkajum V: Berkemah Sejak Dini

Related Articles

Peserta Perkajum bersenang ria di rute hiking.
Peserta Perkajum bersenang ria di rute hiking.

Gontor–Perkajum (Perkemahan Kamis–Jum’at) kembali diadakan, peserta perkajum kali ini seluruhnya diambil dari santri baru, baik kelas 1 ataupun kelas 1 intensif. Bagi mereka berkemah merupakan hal yang baru, karena mereka belum terbiasa dengan kegiatan pramuka selain latihan wajib hari Kamis. Perkajum V ini mengambil tema “Pengenalan Berkemah ala Gontor”.

Seluruh peserta Perkajum berbaris rapi di depan Balai  Pertemuan Pondok Modern (BPPM) pada Kamis (24/3). Dipimpin oleh Al-Ustadz Sabar upacara pembukaan Perkajum berjalan lancar. Beliau berharap dengan acara ini kepramukaan di Gontor semakin baik. Setelah itu, staf Mabikori (Majelis Pembimbing Koordinator Pramuka) melepas satu persatu regu dari setiap POT. Mereka menuju desa Wilangan yang berada di di Tenggara desa Gontor, berjarak sekitar 5 km dari Kampus Gontor.

Sesampainya di bumi perkemahan peserta langsung diarahkan untuk membangun tenda, lalu persiapan acara Unggun Gembira, acara ini berbentuk penyalaan api unggun disertai dengan pertunjukan-pertunjukan dari peserta. Ada yang menampilkan tari (dance), beladiri, nasyid, dll. Dimeriahkan juga oleh MBGND, Perbeda, dan Persada.

Jum’at pagi, seluruh peserta mengikuti senam bersama, gerakan senam pramuka sangat berbeda dengan senam biasa. Senam pramuka lebih fleksibel, lebih energik. Seluruh peserta menikmati kegiatan ini, kegiatan demi kegiatan berjalan baik. Dan acara yang paling ditunggu-tunggu adalah hiking. Dimana para peserta diberi rute ke sebuah daerah dengan melalui beberapa pos. Setiap pos ada tantangan sendiri-sendiri, tantangan tersebut tidak terlepas dari nilai kepramukaan di Gontor. Seperti kemandirian, kebersamaan, kecakapan menyelesaikan masalah, dll. AaRum

Popular Articles