Date:

Share:

Perkajum Perdana Tahun Ini, Gontor Berkemah di Wilangan

Related Articles

Upacara pelepasan peserta Perkajum ke Wilangan
Upacara pelepasan peserta Perkajum ke Wilangan

GONTOR–Koordinator Gerakan Pramuka Gugus Depan 15809 Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) kembali mengadakan kegiatan Perkemahan Kamis-Jum‘at (Perkajum). Salah satu aktivitas kepramukaan yang membina kekompakan dan memupuk nilai-nilai kebersamaan ini diselenggarakan untuk pertama kalinya setelah selesainya pelaksanaan rentetan acara Pekan Perkenalan Khutbatu-l-‘Arsy (PKA) beberapa minggu yang lalu. Perkemahan perdana ini dilaksanakan di bumi perkemahan yang terletak di Desa Wilangan, Sambit, Ponorogo, pada Kamis (24/10) dan Jum‘at (25/10) ini.

Kali ini, para peserta perkemahan terdiri dari siswa-siswa Kelas 1–4 Kulliyatu-l-Mu‘allimin Al-Islamiyah (KMI) yang jumlahnya mencapai 400 orang. Mereka dipilih secara acak, dengan rata-rata peserta dari tiap-tiap angkatan kelas berjumlah antara 60–80 orang. Mereka dibimbing para wali kelas yang berfungsi sebagai full-timer kegiatan.

Upacara pelepasan peserta Perkajum digelar di halaman depan Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM), Kamis (24/10) siang. Pada kesempatan ini, selaku inspektur upacara mewakili Pimpinan PMDG, Drs. H. Sutrisno Ahmad, Dipl.A., berpesan kepada seluruh peserta perkemahan bahwa Perkajum merupakan sarana berdakwah di masyarakat, menyiarkan nilai-nilai keislaman dan memperkenalkan Gontor lebih dekat lagi. Selain itu, melalui kegiatan ini, para santri dididik untuk terampil dan kreatif dalam segala hal. Tidak hanya itu, mereka juga akan berlatih agar siap dipimpin tatkala menjadi anggota, dan siap memimpin saat diberikan kesempatan untuk menjadi pemimpin. We are scouts but we are Muslims, demikian tutup beliau. shah wa

Popular Articles