Date:

Share:

Perkajum Melatih Kedisiplinan Santri Gontor

Related Articles

GONTOR – Kamis (6/10), Koordinator Gerakan Pramuka Gugus Depan 15077 Pondok Modern Darussalam Gontor mengadakan kegiatan Perkemahan Kamis Jum’at 2016. Perkemahan yang dilaksanakan selama dua hari ini, diadakan di Bumi Perkemahan Desa Wilangan. Acara ini bertujuan untuk melatih seberapa besar jiwa kedisiplinan para santri.

Keseluruhan peserta Perkajum berbaris rapi nan tertib di depan Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM) pada Kamis (6/10) siang. Upacara pembukaan yang dipimpin oleh Al-Ustadz Taufiqurrahman berjalan dengan lancar dan penuh semangat. Beliau berharap dengan acara ini kepramukaan di Gontor semakin maju, baik, dan menjadi contoh serta para santri agar lebih aktif, kreatif, dan inovatif. Selepas upacara, staf Mabikori (Majelis Pembimbing Koordinator Gerakan Pramuka) melepas satu persatu regu yang sudah dibagi sebelumnya. Mereka segera menuju desa Wilangan yang berada di di Tenggara desa Gontor, berjarak sekitar 5 km dari Kampus Gontor.

Setelah sampai di bumi perkemahan, peserta langsung diarahkan untuk membangun tenda, lalu persiapan acara teruntuk malam harinya, yaitu Unggun Gembira, sebuah acara yang menjadi ciri khas setiap perkemahan, berbentuk penyalaan api unggun disertai dengan pertunjukan-pertunjukan dari peserta. Perkemahan yang menjadi agenda tahunan ini juga mengambil tema total outdoor method. Hal ini bisa dilihat dari seluruh rangkaian kegiatan yang dilakukan di alam terbuka, seperti camping, hiking, permainan rakyat, api unggun, pentas seni, shalat berjamaah, kerja bakti, dan lain sebagainya.

Turut hadir para Pembina Gudep, utusan Perwakilan Bapak Pimpinan, seluruh staf Mabikori PMDG, dsb. Tak lain mereka adalah yang selalu ikut berperan aktif dalam hal kepramukaan. Juga berpesan dalam sambutannya, Al-Ustadz Taufiqurrahman berpesan untuk para adika-adika sekalian bahwa dalam kehidupan ini perlu adanya saling ketergantungan antara unsur-unsur alam dan kebutuhan untuk melestarikannya, menjaga lingkungan dan mengembangkan sikap bertanggung jawab akan masa depan yang menghormati keseimbangan alam.

Keesokan harinya, seluruh peserta mengikuti senam bersama, senam yang menggambarkan kegembiraan, keceriaan, juga semangat kreatifitas, karena gerakan senam pramuka sangatlah berbeda dengan gerakan senam pada umumnya. Seluruh peserta menikmati kegiatan ini, maka semuanya berjalan baik. Dan acara yang paling ditunggu-tunggu adalah hiking, ketika setiap regu diberi rute ke sebuah daerah dengan melalui beberapa pos. Setiap pos ada tantangannya masing-masing, dalam tantangan inilah seluruh santri diajarkan tentang kedisiplinan, kemandirian, kebersamaan, dan kecakapan menyelesaikan masalah. biibmufassir

Popular Articles