Date:

Share:

Hasil Ujian Fathul Mu’jam Meningkat Signifikan

Related Articles

GONTOR–Ujian ‘Fathul Mu’jam’ yang berlangsung di Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) mengalami peningkatan yang begitu signifikan. Hal ini terbukti dengan hasil nilai yang meningkat sebesar 18,54 persen dibanding tahun sebelumnya. Pada periode 1435-1436, nilai rata-rata yang dihasilkan adalah 4,5, dan pada periode 1436-1437, sebesar 5,34. Kendati demikian, seluruh peserta harus selalu merasa tidak puas, dan tetap berusaha untuk meningkatkan kualitas masing-masing, khususnya dalam bidang linguistik.

Kegiatan ujian membuka Kamus Bahasa Arab tersebut berlangsung selama tiga hari (Ahad-Selasa, 1–3/11) dan melibatkan segenap siswa Kelas 5 Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI) dan beberapa ustadz. Ujian dimulai pada pukul 20.00 hingga 22.00 WIB, dengan sistem pengoreksian secara langsung oleh pengawas pasca-penyelesaian di Gedung Yaqzoh. Adapun jenis kamus yang digunakan adalah Kamus Bahasa Arab “Munjid” dan Kamus Al-Qur’an “Al-Mu’jam al-Mufahras Li alfadzi-l-Qur’an”.

Pada pra-ujian, seluruh peserta mengikuti pelatihan intensif oleh para pembimbing dengan memanfaatkan jam pelajaran resmi ke 3–6 di hari Ahad (1/11). Diharapkan dengan pelatihan singkat tersebut, para peserta mampu menguasai metode yang baik dalam membuka Kamus Bahasa Arab, lantas mampu menyelesaikan soal ujian dengan baik. B. Dasasta

Popular Articles