Date:

Share:

Muker Rayon, Latih Para Santri Bermusyawarah untuk Mencapai Mufakat

Related Articles

KANDANGAN – Pelatihan Musyawarah Kerja Rayon diadakan sehari sebelum hari Idul Adha setiap tahunnya. Tahun ini Musyawarah Kerja Rayon dilaksanakan pada hari Kamis (2/10) di gedung Aligarh. Yang melaksanakan adalah seluruh anggota organisasi rayon dan beberapa anggota rayon yang menjadi panitia. Dengan jumlah rayon se-Darussalam adalah delapan rayon yang terdiri atas 3 rayon shighar dan 5 rayon kibar.

Pelaksanaannya dibagi menjadi 3 bagian: Sidang Pleno, Sidang Komisi, dan Sidang Paripurna. Pada sidang pleno, para anggota sidang cukup mendengarkan pembacaan program kerja dari tiap-tiap bagian dan memberikan usulannya dikertas yang telah disediakan. Setelah itu dilanjutkan dengan sidang komisi yang membahas tentang program kerja lama dan program kerja usulan. Di sidang ini, para anggota sidang dapat mengemukakan argumentasinya dengan memberikan usulan, perubahan redaksi, dan sanggahan. Sidang berlangsung seru dengan kekritisan para anggota sidang yang tengah mengemukakan pendapatnya. Juga sang pelapor yang mempertahankan program kerjanya. Ketua sidang sebagai moderator bertugas memimpin jalannya persidangan. Yang terakhir adalah sidang paripurna, hasil dari seluruh proses adu argumentasi antaranggota sidang yang merupakan mufakat dari seluruhnya. Sidang-sidang tersebut berlangsung tenang tapi tetap teratur.

Kegiatan ini jelas melatih para santriwati untuk mengemukakan pendapat, karena setiap kepala memiliki pendapatnya sendiri-sendiri. Juga terdapat nilai kepemimpinan dan kerja sama dengan adanya satu idealisme yang dicita-citakan yaitu terciptanya rayon yang teratur dan tetap nyaman layaknya rumah bagi para anggotanya. dataGP5

Popular Articles