Date:

Share:

Mugus 15089 Matangkan Pogram Kepramukaan di Gontor

Related Articles

Musyawarah Gugusdepan pramuka Pondok Pesantren Modern GontorDARUSSALAM — Koordinator Gerakan Pramuka Gugus Depan (Gudep) 15089 Pondok Modern Darussalam Gontor melaksanakan Musyawarah Gugus Depan (Mugus) untuk anggota Ambalan Khusus (Amsus), Jum’at (28/5) kemarin. Amsus tahun ini beranggotakan 894 siswa yang terdiri dari kelas 3 Intensif dan 4 Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI). Mugus merupakan acara tahunan pramuka penegak di Gontor yang bertujuan membahas berbagai kebijakan yang berlaku untuk Gudep. Di samping itu, Mugus juga sangat diperlukan untuk menentukan program-program kepramukaan setahun mendatang.

Acara yang berlangsung sehari penuh ini dibuka Al-Ustadz H. Syamsul Hadi Untung, mewakili Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor. Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) turut hadir mengawasi jalannya Mugus yang digelar di Gedung Olahraga (GOR) tersebut. Tidak hanya mengawasi, mereka juga mengikuti proses sidang dari pagi hingga sore. Setiap Gudep dibimbing dua orang ustadz dari Mabigus. Hasil keputusan dimusyawarahkan melalui Sidang Pleno, Sidang Komisi dan Sidang Paripurna. Hasil Mugus inilah yang akan menuntun langkah setiap Gudep dalam memajukan dan meningkatkan prestasi kepramukaan di Gontor.

Adapun jumlah Gudep di Pondok Modern Darussalam Gontor sebanyak 10 POT. Setiap POT berada di bawah pimpinan seorang Pembina Gudep (Bindep). Pada semester kedua ini, seorang Bindep diangkat dari siswa kelas 5 KMI menggantikan Bindep sebelumnya yang berasal dari siswa kelas 6. Kesepuluh Bindep tersebut adalah Haikal Hasbi (POT 1), Irtifa’an Khairi (POT 3), Riyadh Fatoni (POT 5), Ahmad Khirzul Umam (POT 7), Fathurrahman (POT 9), Ahmad Faris K (POT 11), M. Quraisy (POT 13), Taufik Aji (POT 15), Andi Wicaksono (POT 17), Ahmad Falih (POT 19).

Sementara itu, sehari sebelumnya, Kamis (27/5) lalu, para pembina utusan dari setiap Gudep mengikuti Pesta Pembina yang secara khusus diadakan Koordinator Gerakan Pramuka untuk menguji kekompakan para pembina Gudep. Kegiatan ini berupa perlombaan mencakup keterampilan semaphore, morse, Latihan Baris-berbaris (LKBB) resmi, LKBB isyarat, cerdas-cermat, pembuatan pioneering dan berbagai macam permainan lainnya menguji ketangkasan dan kekompakan. Seperti halnya perlombaan dalam Perkajum, juara umumnya akan ditentukan pada saat acara penutupan latihan kepramukaan nanti, Kamis (10/6) bulan depan.


    


1 COMMENT

Comments are closed.

Popular Articles