Date:

Share:

Milad Setengah Abad, ISID Telurkan 281 Wisudawan

Related Articles

Wisuda 2013GONTORAllahu akbar! Allahu Akbar! Allahu Akbar! Pekikan K.H. Hasan Abdullah Sahal, Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor sontak diikuti oleh 281 orang wisudawan dan wisudawati beserta ribuan tamu undangan yang hadir membanjiri Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM). Pekikan takbir ini merupakan luapan rasa kesyukuran yang amat luar biasa, harapan besar, cerminan cita-cita luhur Trimurti Pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor untuk merealisasikan Universitas Darussalam. Dalam nasihatnya, beliau menegaskan, “Estafet nilai-nilai ini kami wariskan kepada kalian, Universitas Darussalam adalah untuk kalian. Maka, perjuangkanlah!”.

Bagaimana tidak, Rapat Senat Terbuka dalam Rangka Wisuda Sarjana Angkatan XXIII dan Pascasarjana Angkatan III kali ini beriringan dengan milad Istitut Studi Islam Darussalam (ISID) yang ke-50. Hal ini menyadarkan seluruh elemen pondok bahwasanya ISID belum sampai pada cita-cita dan harapan Trimurti, menjadi Universitas Islam yang bermutu dan berarti dengan tetap berjiwa pondok. Maka, tidak berlebihan rasanya apabila pekikan takbir para wisudawan-wisudawati begitu keras sehingga bergaung memenuhi BPPM Darussalam Gontor.

Acara berlangsung pada Kamis, (12/9) di kampus Gontor Pusat. Hadir dalam acara ini Ketua Badan Wakaf, para Anggota Badan Wakaf,  Pimpinan Pondok, Jajaran Rektorat. Selain itu, hadir pula Prof. Dr. Ir. H. Didik Notosudjono, M.Sc., Asisten Deputi Kekayaan Intelektual dan Standarisasi Iptek Kementerian Riset dan Teknologi RI. Beliau berkesempatan memberikan orasi ilmiah. Dalam kesempatan ini, Akbar Alfahmy Hasbullah maju sebagai perwakilan wisudawan sarjana strata I memberikan sambutan dan Khasib Amrullah sebagai perwakilan wisudawan strata II.

Tahun ini, ISID menelurkan 266 orang sarjana strata I dan 15 orang pascasarjana strata II. Dengan perincian sebagai berikut: 52 orang sarjana Fakultas Tarbiyah Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), 44 orang sarjana Fakultas Tarbiyah Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), 59 orang sarjana  Fakultas Ushuluddin Prodi Perbandingan Agama (PA), 36 orang sarjana Fakultas Ushuluddin Prodi Ilmu Aqidah (IA), 20 orang sarjana Fakultas Syariah Prodi Perbandingan Madzhab dan Hukum (PMH), 38 orang sarjana Fakultas Syariah Prodi Hukum Ekonomi Syari’ah (HES), 17 orang sarjana Fakultas Syariah Prodi Ekonomi Syariah (ES), dan 15 orang pascasarjana yang terdiri dari 14 orang wisudawan dari Program Ilmu Akidah dan satu orang wisudawan dari Program Pendidikan Bahasa Arab dengan total jumlah 281 orang.

Dalam acara ini, sempat disebutkan kategori wisudawan dengan keterangan: tesis terbaik, skripsi terbaik, dan wisudawan terbaik.

Tesis Terbaik: pertama, Asep Setiawan (Ilmu Aqidah) dengan judul “Af’aalulibaad ‘inda Fakhruddin Ar-razi, dirasah tahliliyah naqdiyyah”, kedua, Moh Hamdi (Ilmu Aqidah) dengan judul “Mulla Shadra’s Concept of Wujud”, dan ketiga Muhammad Imdad (Ilmu Aqidah) dengan judul “Mafhuumu at-Tauhid ‘inda al-Asy’ari wa Ibnu Taimiyyah fi dhau’I Ahli Sunnah wal Jama’ah”.

Skripsi Terbaik: pertama, Kharis Budi Cahyono (Tarbiyah/Pendidikan Bahasa Arab) dengan judul “as-Suluk al-Lughawi ‘inda Bhorhus Freedick wa Tanfiidzuhu fi Ta’liimi al-Lughah at-tsaniyah”, kedua, Fahrudin Mukhlis (Ushuluddin/Aqidah Filsafat) dengan judul “an-Nafs ‘inda Fakhruddin ar-Razi”, dan ketiga, Hidayatul Latifah (Syari’ah/Perbandingan Madzhab) dengan judul “Saddu adz-Dzaraa’I wa Tathbiiqatuhu bitarbiyati al-Banaati (Dirasah Haalah bima’hadi Daarissalam Gontor lil-Banaat al-Awwal li-at-Tarbiyyah al-Islamiyyah al-Haditsah) ”.

Wisudawan Terbaik: 1. Ainalmardhiaturrahman (Syariah/Hukum Ekonomi Syariah) (3.59), 2. Maulida Ayu Septa Ningrum (Ushuluddin/Perbandingan Agama) 3.56, 3. Tyas Pradhita Astari (Tarbiyah/Pendidikan Bahasa Arab) (3.55), 4. Yoke Suryadarma (Tarbiyah/Pendidikan Bahasa Arab) (3.54), dan 5. Fitri Setyo Rini (Tarbiyah/Pendidikan Bahasa Arab) (3.53). Adapun wisudawan Pascasarjana terbaik adalah Muhammad Imdad (Ilmu Aqidah) dengan IPK (3.85).elfah

 

1 COMMENT

Comments are closed.

Popular Articles