Date:

Share:

International Conference on Islamization of Economics Canangkan Islamisasi Ekonomi

Related Articles

Pembukaan Acara Seminar Internasional tentang Islamisasi Ilmu Ekonomi di Aula Rabithah, Gontor.
Pembukaan Acara Seminar Internasional tentang Islamisasi Ilmu Ekonomi di Aula Rabithah, Gontor

DARUSSALAM-Seiring dengan proses pendirian Universitas Darussalam, ISID (Institut Studi Islam Darussalam) semakin intensif mengadakan acara-acara yang berkaitan dengan kegiatan akademik mahasiswa, salah satunya adalah Seminar Internasional tentang Islamisasi Ilmu Ekonomi.

Seminar bertajuk International Conference on Islamization of Economics ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam berbagai studi yang berkaitan dengan upaya untuk mewujudkan kegiatan islamisasi ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang ekonomi.

Seminar ini dibuka secara resmi oleh K.H. Hasan Abdullah Sahal selaku Pimpinan Pondok setelah sebelumnya disambut oleh wakil rektor, Dr. H. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A., Sabtu (8/3) pagi. Dalam pidatonya beliau berkata, pada zaman modern ini kita perlu lebih berhati-hati dalam ber-muamalah, karena itulah kegiatan semacam ini perlu diadakan lebih intensif agar kita dapat mengetahui berbagai macam masalah kontemporer khususnya dalam bidang ekonomi.

Acara seminar ini dibagi menjadi dua sesi utama yang setiap sesinya diisi oleh para keynote speaker yang telah diundang. Untuk sesi pertama, para pembicara yang mengisi antara lain H. Andy Arslan Djunaidi, S.E. selaku ketua dari KOSPIN (Koperasi Simpan Pinjam) Jasa Pekalongan, yang kemudian dilanjutkan oleh Prof. Dr. Mohamed Aslam Haneef (guru besar fakultas ekonomi IIU Malaysia) dan Dr. H. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.Ed., M.Phil.

Para Pembiacara dalam sesi kedua acara seminar yang diadakan di Hall CIOS, ISID Siman.
Para Pembicara dalam sesi kedua acara seminar yang diadakan di Hall CIOS, ISID Siman

Pada hari selanjutnya yaitu pada sesi kedua, acara utama kembali diisi oleh para keynote speaker yang lain, yaitu Prof. Dr. Suroso Imam Zadjuli (guru besar fakultas ekonomi UNAIR), Assoc. Prof. Dr. Syamsuddin Arif, serta Ir. Adiwarman Azwar Karim.

Dengan keenam keynote speaker yang memang berkompeten dalam bidang ekonomi tersebut, jalannya acara seminar internasional tersebut menjadi semakin menarik. Hal ini ditunjukkan oleh antusiasme dari para peserta seminar yang seluruhnya berjumlah 279 orang dari berbagai kampus.

Seminar internasional ini berlangsung selama dua hari (Sabtu–Ahad, 8–9 Maret 2014) dengan diselingi oleh acara Gala Dinner yang diadakan di Hall CIOS ISID Siman. Dalam acara tersebut, para peserta seminar merasa terhibur dengan beberapa penampilan dari grup musik Mahadasa, Dimensi, Tari Saman, dan Tari Zapin selagi mereka menikmati hidangan makan malam mereka. Anda bisa menyaksikan video cuplikannya di tautan ini atau di sini. fei

Popular Articles