Date:

Share:

Mendikbud RI Buka Perhelatan Porseni dan Olimpiade Sains di Gontor

Related Articles

GONTOR – Mendikbud RI, Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.Ap., membuka secara resmi Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) dan Olimpiade Sains Antarpondok Pesantren se-Indonesia dalam rangka Peringatan 90 tahun Pondok Modern Darussalam Gontor, Ahad (21/8) pagi. Dalam kegiatan ini, Mendikbud RI disertai dengan Sekretariat Jenderal Kemendikbud, Didik Suhardi, Ph.D., istri, dan anak, serta rombongan ajudan dan protokoler kementerian.

Dalam sambutannya, Mendikbud RI sangat mengapresiasi bagaimana kiprah Gontor dalam membina generasi penerus bangsa. Selain itu, beliau juga membahas terkait program Presiden RI dalam pembuatan Kartu Indonesia Pintar. “Akan tetapi, jalur kepengurusan kartu ini, bukan melalui Kemendikbud, namun melalui Kemenag. Dan setahu saya, Menteri Agama saat ini adalah alumni Gontor,” ujar Mendikbud RI di sela-sela amanat.

Grand Opening pada Pembukaan Porseni dan Olimpiade Sains.
Grand Opening pada Pembukaan Porseni dan Olimpiade Sains.

Usai amanat dari Mendikbud RI, acara dilanjutkan dengan penampilan dari santri Gontor. Diantara penampilan tersebut; Grand Opening, Tari Reog Ponorogo, Persatuan Senam Darussalam, Persatuan Beladiri Darussalam, dan Marching Band Gema Nada Darussalam. Mendikbud RI sangat antusias dalam menyaksikan setiap penampilan yang disajikan oleh para santri.

Dalam Porseni Peringatan 90 tahun, sebanyak 2000 orang santri yang berasal dari 37 kontingen Kampus-kampus Gontor dan Pondok Alumni, baik dalam maupun luar jawa. Para santri utusan dari pondoknya masing-masing ini mengikuti perlombaan di Gontor dalam bidang olahraga, seni, HTQ, sains, dan musik. Bidang Olahraga, memperlombakan 9 cabang, kemudian bidang HTQ memperlombakan 5 cabang, dan bidang Sains memperlombakan 10 cabang lomba.

Seluruh rentetan lomba tersebut akan diakhiri dengan penampilan Wali Band pada tanggal 28 Agustus 2016 mendatang. Untuk pentas Wali Band, tak hanya diperuntukkan bagi peserta lomba, namun juga bagi masyarakat umum.binhadjid

Popular Articles