Date:

Share:

Maksimalkan Peran Masjid Jami’, Gedung Tunis Beralih Fungsi

Related Articles

Gedung Tunis Baru
Gedung Baru untuk Kantor Pengasuhan Santri

DARUSSALAM – tepat pada Jum’at, (11/10) Pengasuhan Santri Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) mengadakan acara tasyakuran atas perpindahan kamar ke gedung Tunis. Acara dihadiri oleh Dr. K.H. Abdullah Syukri Zarkasyi, M.A. dan K.H. Hasan Abdullah Sahal. Selain Bapak Pimpinan Pondok, guru-guru senior, asatidz senior kamar, Dewan Mahasiwa (DEMA) dan perwakilan siswa kelas 6 KMI turut menghadiri acara tersebut.

Sebelumnya kantor Pengasuhan Santri berlokasi di Masjid Jami’ lantai 1 sebelah selatan dan kantor KMI di sebelah utara. Perpindahan ini bertujuan untuk memaksimalkan peran dan fungsi masjid jami’ sebagai sentral ibadah para santri. Alokasi kantor Pengasuhan Santri menuju gedung Tunis adalah salah satu keputusan Sidang Badan Wakaf ke-70. Keputusan tersebut disepakati oleh seluruh anggota Badan Wakaf yang menghadiri sidang. Pra renovasi gedung Tunis lama, gedung tersebut memiliki 2 lantai. Lantai satu sebagai Book Store, cabang dari Koperasi Pelajar santri. Sekarang Book Store tersebut dialokasikan ke Gedung  Indonesia 2/1. Adapun lantai 2 berfungsi sebagai “Central of Science”, yakni, kantor 3 instansi di PMDG, ITQAN Group (Ilmy Tarbawy Qur’any), FP2WS (Forum Pengembangan Potensi dan Wawasan Santri), dan LCD (Language Central Departement). Sekarang ITQAN Group dipindahkan ke Gedung Indonesia 2/1 bersama dengan FP2WS dan LCD ke gedung Indonesia 1/1.

Selain Pengasuhan Santri, kantor KMI akan menyusul pindah ke gedung Saudi VI beberapa waktu ke depan. Sehingga Masjid Jami’ dapat menampung dengan maksimal jumlah santri Gontor di lantai 1.

Gedung Tunis memiliki 3 lantai, lantai satu dijadikan sebagai kantor administratif, lantai dua sebagai kamar staf Pengasuhan Santri, adapun lantai tiga sebagai aula mini tempat kumpul koordinasi internal dan eksternal bersama sektor-sektor lain. Dibandingkan dengan gedung-gedung lain di PMDG, gedung Tunis memiliki daya tarik tersendiri. Gedung yang berdiri tegak tepat di barat BPPM, memiliki penampilan prima dan kesan ekslusif. Dihiasi banyak serambi disetiap lantainya, pagar besi berwarna coklat, dengan tiang-tiang kecil yang mengokohkannya serta paduan warna hijau dan putih memberikan kesan kedamaian ala Pondok. Menegaskan perannya sebagai wajah baru PMDG. elfah

Popular Articles