Date:

Share:

Lomba Drama Bahasa Arab: Darul Hijrah Berjaya Raih Juara Umum

Related Articles

Penampilan Rayon Darul Hijrah pada Lomba Drama Bahasa Arab
Penampilan Rayon Darul Hijrah pada Lomba Drama Bahasa Arab

GONTOR–Kemeriahan Peringatan Tahun Baru Hijriah 1435 di Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) ditandai dengan Lomba Drama Bahasa Arab Antarrayon se-Darussalam. Acara yang berlangsung dari Selasa (5/11) pagi hingga sore tersebut diikuti 21 rayon (asrama), terbagi menjadi dua kategori: kategori rayon sighar dan kategori rayon kibar.

Pada perlombaan yang berlangsung di Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM) ini, rayon Darul Hijrah berhasil menjadi Juara Umum. Prestasi ini diraih setelah sang juara mampu memetik poin tertinggi dan menjadi juara untuk kategori rayon sighar. Tidak hanya itu, rayon yang dihuni santri-santri baru seusia siswa Kelas 1 Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) ini juga memenangkan skenario terbaik dari drama berjudul “Khutbatu Thariq Bin Ziyad”. Selain itu, aktor utama mereka, Sutan Adam, siswa Kelas 1B Kulliyatu-l-Mu‘allimin Al-Islamiyah (KMI), terpilih sebagai aktor terbaik.

Selain Darul Hijrah, rayon lainnya yang mampu tampil maksimal dari kategori sighar adalah rayon Indonesia 4 dan rayon Aligarh ½ alias Gedung Baru Sighar (GBS). Kedua rayon ini berhasil merebut gelar juara kedua dan ketiga dengan menyisihkan pesaing-pesaing mereka di kategori yang sama. Rayon Indonesia 4 tampil dengan drama berjudul “Ar-Ra‘i wa adz-Dzi’bu”. Sedangkan rayon GBS membawakan drama berjudul “Al-Amir wa as-Sujana’u”.

Untuk kategori rayon kibar, gelar juara pertama dimenangkan oleh rayon Yaman. Melalui drama berjudul “Al-I‘tiraf bi al-Jamil”, rayon yang ditempati santri-santri seusia siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) ini juga berhasil meraih predikat bahasa terbaik. Sementara juara kedua dan ketiga dari kategori ini direbut rayon Saudi ½ dan rayon Saudi 3/2. Masing-masing mempersembahkan drama berjudul “Christopher Columbus” dan “Wafa’u as-Samuel”.

Di samping merayakan Peringatan Tahun Baru Hijriah 1435, Lomba Drama Bahasa Arab ini memiliki tujuan utama, yaitu untuk meningkatkan kualitas bahasa Arab santri-santri Gontor. Melalui kontes drama, para santri diharapkan mampu menerapkan bahasa Arab yang mereka pelajari di kelas dalam bahasa percakapan tanpa merasa canggung dan ragu-ragu. Dengan demikian, bahasa Arab mereka akan terus berkembang secara praktis. Cuplikan videonya bisa disaksikan di sinishah wa

2 COMMENTS

Comments are closed.

Popular Articles