Date:

Share:

Liburan Usai, Ahlan wa Sahlan!

Related Articles

Liburan Telah Usai
Liburan Pertengahan Tahun 1435 Telah Usai

GONTOR–Hari ini, Sabtu (10/1), hari terakhir liburan di pertengahan tahun untuk semester pertama. Santri-santri Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) mulai berdatangan. Suasana sepi selama seminggu ditinggal santri tidak tampak lagi. Sebenarnya, selama liburan masih tersisa sekitar 700-an santri dari kelas 6. Mereka diwajibkan bermukim dan tidak pulang karena mengikuti Ujian Akhir Kelas 6 KMI Gelombang I. Tapi, karena biasanya pondok dipadati ribuan santri, suasana sepi itu terasa begitu kentara saat liburan. Maka, hari ini sangat ditunggu-tunggu oleh pondok.

Santri-santri telah menghabiskan masa liburan di rumah. Kini, saatnya mereka kembali menuntut ilmu. Masih tergambar keceriaan selama liburan 10 hari di wajah mereka. Saat santri-santri kelas 1 hingga kelas 5 ini bertemu di gerbang pondok, mereka saling bertukar cerita. Sambil berjalan menuju tempat pendaftaran ulang dan ruang custome house (‘tempat pemeriksaan barang’), mereka bercakap-cakap dengan riang. Kelihatannya liburan mereka di rumah begitu berkesan.

Pondok mengucapkan selamat datang kepada segenap santri. Kakak-kakak kelas 6 telah bersiap di berbagai tempat untuk menyambut kembalinya adik-adik kelas. Mereka juga telah menghias pondok dengan tulisan-tulisan penyambutan dan lampu-lampu hias yang berkilauan di malam hari. “Ahlan wa sahlan bi quduumikum ilaa haadzal ma’had” terdengar menggema dari pengeras suara sejak beberapa hari yang lalu. Inilah kata-kata yang selalu mereka dengar saat kembali ke pondok. Kata-kata ini seakan meminta mereka untuk mulai melupakan masa-masa liburan di rumah, seakan memberi tahu bahwa pondok telah merindukan kedatangan mereka.

Mereka sadar bahwa liburan hanya menyisakan beberapa jam lagi. Santri-santri masih bisa bersantai ria sebelum jam 12 malam nanti. Mereka asyik bercengkerama di berbagai sudut pondok. Ada yang duduk-duduk di lapangan hijau milik pondok, menghabiskan waktu bersama orang tua, kakak, dan adik yang ikut mengantar. Maklum, disiplin pondok masih belum diberlakukan sepenuhnya karena masih dalam masa liburan, walaupun santri-santri telah berada di area pondok. Namun, mulai besok, bahkan setelah jam 12 malam nanti, aktivitas pondok langsung berjalan sebagaimana biasa dengan segala kedisiplinannya. Besok pagi, seluruh santri akan mengikuti upacara pembukaan tahun ajaran semester kedua sekaligus diadakan pengabsenan. Tidak ada yang boleh terlambat.

Selamat datang, wahai santri-santri! Pondok telah menantikan kalian untuk bersama berjuang menegakkan Islam. Bangku-bangku kalian di kelas telah berdebu karena ditinggal lebih dari seminggu. Kini, saatnya kalian membersihkan bangku-bangku itu, menata kembali meja dan kursi guru, menata kembali ruangan kelas, dan yang paling penting adalah menata kembali hati kalian agar ikhlas menuntut ilmu. Ahlan wa sahlan! elk

Popular Articles