Date:

Share:

Kunjungi Gontor, JPS Malaysia Pelajari Sistem Pengajaran Bahasa Arab

Related Articles

Kunjungan JPS Malaysia ke Gontor

Saya menaruh perhatian kepada pondok ini, bukan karena banyaknya murid-muridnya, bukan karena keadaan gedung-gedungnya, bukan karena bahasa Arabnya, tetapi karena pondok ini telah mempunyai filsafat hidup, yang akan menjamin kelangsungan hidupnya.” Demikianlah kata-kata Syeikh Ahmad Hasan Al-Baquri, Menteri Wakaf Mesir 1995, saat berkunjung ke Gontor puluhan tahun silam. Banyaknya tamu yang datang ke Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), tidak mengurangi santri-santri dan guru-guru untuk selalu meningkatkan etos kerja dalam melaksanakan tugas sehari-sehari di PMDG. Poin ketiga yang diucapkan oleh Syeikh Ahmad Hasan Al-Baquri adalah salah satu magnet yang mendatangkan tamu-tamu ke PMDG, baik dari dalam ataupun luar negeri, salah satunya adalah negara tetangga, Malaysia.

Dalam rangka observasi pembelajaran dan pengajaran bahasa Arab, Jabatan Pengajaran Selangor (JPS) Malaysia bekerjasama dengan SMK Jalan Empat, Bandar Baru Bangi serta guru-guru Persatuan Tahfiz Al-Qur’an Negeri Selangor berkunjung ke PMDG. Rombongan tamu JPS kali ini datang dengan dua rombongan. Rombongan pertama berjumlah 30 orang, mengunjungi PMDG pada Jum’at (9/11) hingga Ahad (11/11). Adapun rombongan kedua berjumlah 33 orang yang datang pada Senin (12/11) hingga Kamis (15/11).

Selain mengunjungi PMDG serta melihat langsung pembelajaran dan pengajaran bahasa Arab, mereka juga berkunjung ke Gontor Putri 1, Gontor Putri 3, Gontor 2, PP. Al-Muqoddasah dan Kampus Institut Studi Islam Darussalam (ISID), Siman. Harapan mereka,  agar studi banding kali ini bisa memberi kontribusi yang signifikan dalam menghidupkan bahasa Arab di lembaga mereka secara khususnya dan Malaysia dalam skala besarnya. elfah

Popular Articles