Kunjungan Mufti Rusia ke Gontor Reviewed by Momizat on . Darussalam-untuk kesekian kalinya pondok modern Darussalam gontor menerima tamu dari luar negri. Pada kali ini yang berkunjung adalah mufti Rusia, As-Syaikh Rus Darussalam-untuk kesekian kalinya pondok modern Darussalam gontor menerima tamu dari luar negri. Pada kali ini yang berkunjung adalah mufti Rusia, As-Syaikh Rus Rating:
You Are Here: Home » Berita » Kunjungan Mufti Rusia ke Gontor

Kunjungan Mufti Rusia ke Gontor

Darussalam-untuk kesekian kalinya pondok modern Darussalam gontor menerima tamu dari luar negri. Pada kali ini yang berkunjung adalah mufti Rusia, As-Syaikh Rushan Hazrat Abbyasof berserta rombongannya, yaitu: As-Syaikh Damir Hazrat Mukhetdinov, As-Syaikh Arslan Hazrat Sadriev, As-Syaikh Magomed Emin Usmanov, As-Syaikh Ildar Usmanov, dan salah satu alulmni Pondok Gontor Drs. Muhammad Aji Surya, SH. Ms.I.

Ini merupakan kunjungan pertama beliau ke Pondok Modern Darussalam Gontor. Bahkan ini merupakan kesempatan yang sangat luar biasa bagi Syaikh Rushan Hazrat Abbyasof, karena bisa berbicara di depan keluarga besar Pondok Modern Darussalam Gontor. Sebagaimana yang beliau sampaikan dalam sambutannya, “Terus terang, ini pertama kalinya saya berbicara di depan lebih dari seribu hadirin”.

Dalam sambutannya, Syaikh Rushan Hazrat Abbyasof menyampaikan tentang perkembangan umat muslim yang ada di rusia. Islam di Rusia sudah ada sejak zamannya sahabat Nabi, kira-kira lebih dari seribu tahun yang lalu. Hanya saja sempat mengalami kemunduran ketika komunis berkuasa di Rusia. Islam kembali berkembang pada tahun 1992, karena pada tahun ini kebebasan beragama mulai di dengungkan kembali.

Pada saat ini komunitas muslim RUsia mencapai 23 juta jiwa, yang teridiri dari 57 suku di seluruh Rusia. Suku terbesar dari umat islam Rusia adalah suku Tatar yang berdomisili di republik Tatarstan dengan jumlah lebih dari 6 juta jiwa.

Sementara di ibukota Rusia Moskow, umat islam yang tinggal di sana lebih dari 2 juta jiwa. Ada juga yang menetap di Siberia, daerah yang dinginnya mencapai -50 derajat celcius.

Umat islam RUsia sangat aktif dalam pergerakan dakwahya. Terbukti, setidaknya sekarang sudah berdiri 6000 mesjid di seluruh RUsia yang di dukung oleh 7 universitas islam. Namun syaikh Rushan Hazrat Abbyasof mengakui, bahwasannya universitas mereka masih jauh kualitasnya di bandingkan dengan yang ada di Indonesia. Oleh karena itulah mereka mengadakan kunjungan ke Indonesia untuk belajar lebih dalam lagi tentang islam. Bagaimana sistem hajinya, manajemen keuangan syariahnya, sehingga nanti bisa mendirikan bank islam di Rusia.

Syaikh Rushan Hazrat Abbyasof juga sangat berterimakasih atas dukungan diplomatis yang diberikan presiden pertama Indonesia, Soekarno. Dimana pada masa komunis berkuasa di Rusia, presiden Soekarno meminta untuk membuka kesempatan beribadah bagi kaum muslimin rusia. Sehingga di bukalah masjid yang selama komunis berkuasa sempat berhenti dari kegiatannya.

Selaku tuan rumah, Pondok Modern Darussalam Gontor sangat senang dengan kehadiran tamu dari Rusia. Hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Pondok Gontor. Sebagaimana yang di sampaikan oleh salah satu pimpinannya, KH. Hasan Abdullah Sahal, “Sangat membanggakan kami, karena yang datang bukanlah orang biasa, tetapi seorang mufti”. Dalam sambutannya juga, KH. Hasan Abdullah Sahal mengatakan bahwa dengan kedatangan mufti Rusia ini, setidaknya merobah pandangan kita terhadap Rusia yang selama ini di cap sebagai Negara komunis. Ternyata di Rusia juga ada saudara seiman.

Selain itu, beliau juga menyampaikan sekilas tentang perjalanan berdirinya Pondok GOntor, sepakterjangnya, sistemnya, dan alumni-alumninya yang tidak hanya berkiprah di Indonesia, tetapi juga di luar negri.

Harapan dari kunjungan ini, semoga silaturrahmi antara umat muslim Rusia dan umat muslim Indonesia, khususnya Gontor bisa terus terjalin. Sehingga bisa saling meningkatkan kualitas keislaman antara sesama.

Setelah acara sambutan di gedung pertemuan Pondok Modern Darussalam Gontor, rombongan syaikh Damir Hazrat Mukhetdinov melaksanakan sholat dhuhur berjama’ah di mesjid jami’ Gontor. Dan silaturrahmi kali ini berakhir dengan jamuan makan siang di kantor pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor. <Muttaqin>