Date:

Share:

Kumpul Konsulat Bulanan, Media Mempererat Ukhuwah Santri

Related Articles

Suasana Perkumpulan Konsulat Bulanan.
Suasana Perkumpulan Konsulat Bulanan.

DARUSSALAM – Sepekan setelah dibukanya Tahun Ajaran Baru Semester II, segala aktivitas di Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) mulai stabil kembali. Dimulai dengan kembali aktifnya kegiatan kepramukaan yang dibuka pada hari Kamis (23/1) lalu, kemudian Kursus Sore, Latihan Pidato, hingga Kumpul Konsulat Bulanan. Pada Jum’at (31/1) malam, Kumpul Konsulat Bulanan Perdana dilangsungkan. Perkumpulan ini dilaksanakan pada setiap minggu pertama bulan baru hijriyah. Adanya Kumpul Konsulat Bulanan bertujuan untuk memperat tali ukhuwah antara teman se-daerah dan sebagai momentum pembaharuan niat belajar di PMDG.

Mayoritas konsulat menggunakan kesempatan Kumpul Konsulat Bulanan Perdana ini untuk melaporkan hasil usaha mereka dalam kepengurusan Panitia Perpulangan Awal Tahun (PPAT). Kepengurusan PPAT ini ditangani oleh siswa kelas 5 Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) dari tiap-tiap konsulat. Laporan Pertanggungjawaban tersebut disampaikan kepada seluruh anggota dan pembimbing konsulat, dan selanjutnya diserahkan ke Bagian Sekretaris Organisasi Pelajar Pondok Modern (OPPM) untuk didokumentasikan.

Kumpul Konsulat Bulanan ini bertempat di kelas-kelas yang berada di Gedung Robithoh, Sudan, dan Yaqdzoh. Adapun konsulat yang memiliki banyak anggota, bertempat di Masjid Jami’ PMDG dan Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM). irba

Popular Articles