Date:

Share:

Koreksi Ujian Akhir Gelombang I, KMI Bersiap Evaluasi Kelas 6

Related Articles

Suasana Ujian Akhir Kelas 6 KMI di BPPM
Suasana Ujian Akhir Kelas 6 KMI di BPPM

DARUSSALAM–Ujian Akhir Kelas 6 Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) Gelombang Pertama telah dilaksanakan lebih dari seminggu yang lalu, dari hari Sabtu (3/1) hingga hari Rabu (7/1). Tidak menunggu lama, KMI mengerahkan seluruh guru untuk mengoreksi lembar jawaban siswa Kelas 6 tersebut secara massal dan serentak, Kamis (16/1) malam.

Koreksi massal ini diadakan di Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM), diawasi Direktur KMI, K.H. Masyhudi Subari, M.A. bersama H. Farid Sulistyo, Lc. dan H. Drs. Sutrisno Ahmad, Dipl.A. selaku Wakil Direktur KMI.

Secara efektif, KMI membagi lembar jawaban siswa dengan merata kepada seluruh guru. Jumlah guru yang ada di Pondok Modern Darussalam Gontor mencapai 400-an orang. Rata-rata, setiap guru mendapatkan bagian 20 lembar jawaban siswa. Ada 13 materi yang harus dikoreksi, yaitu Tarikh Islam, Imla’, Ilmu Fara’idh, Geografi, Dinul Islam, Dictation, Khat, Berhitung, Biologi, dan Kasyfu-l-Mu’jam, Adyan, Kimia, dan Sosiologi. Ketiga belas materi tersebut berasal dari 729 siswa Kelas 6 KMI tahun ini di Gontor Pusat. Jadi, jika dikalikan dengan jumlah siswa, maka ada sebanyak 9.477 lembar jawaban yang harus dikoreksi pada malam itu.

Koreksi massal ini segera diadakan agar nilai ujian gelombang pertama ini bisa segera direkapitulasi. Sehingga, guru-guru mengetahui sejauh mana tingkat kemampuan siswa Kelas 6 tahun ini, terutama bagi para pembimbing Kelas 6.

Berdasarkan rekapitulasi hasil ujian dari ke-13 pelajaran tersebut, guru-guru akan bahu-membahu membina Kelas 6 agar siap sepenuhnya menghadapi ujian gelombang kedua pada pertengahan bulan Maret hingga minggu pertama bulan Mei nanti. Memang, ujian gelombang kedua berlangsung hampir dua bulan lamanya, ditambah ujian praktik mengajar di dalamnya. Materi ujian gelombang kedua tiga kali lipat lebih banyak daripada materi ujian gelombang pertama. Karena itulah persiapan harus benar-benar intensif dan matang.

Ujian Akhir Kelas 6 KMI ini sudah lama ditunggu-tunggu seluruh siswa Kelas 6, bahkan sudah diimpikan mereka sejak duduk di Kelas 1. Namun, mungkin tak seorang pun menginginkannya kembali setelah merasakannya. Walaupun demikian, ujian akhir di Gontor selalu berkesan dan menyimpan kenangan tak terlupakan di benak santri, menjelang kelulusan mereka menjadi alumni Pondok Modern Darussalam Gontor. Masa-masa akhir di Kelas 6 tidak akan pernah mereka lupakan. Dari sinilah mereka merasakan indahnya perjuangan dan kerja keras, mengerahkan segala kemampuan untuk menghadapi ujian akhir yang tak pernah ada di tempat mana pun selain di Gontor.

Sungguh nikmat rasanya menikmati hasil perjuangan sendiri, hasil kejujuran yang tak ternilai harganya. Bisa dibayangkan, betapa bahagianya seorang santri yang berhasil melewatinya, betapa bangganya orang tua yang melihat anaknya lulus dengan kerja keras, perjuangan, pengorbanan, kejujuran, bahkan mungkin dengan tangis dan air mata. Itulah yang mahal harganya di Gontor. Ujian mendidik santri untuk jujur, bekerja keras, berusaha, dan bertawakkal, berdoa kepada Allah meminta hasil terbaik. Ujian di Gontor untuk belajar, bukan belajar untuk ujian.*elk

Popular Articles