Date:

Share:

Kontingen UNIDA Gontor Raih 4 Juara di SAHARA UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Related Articles

BANDUNG- Tepat pada hari senin, 16 Februari 2017 Pusat Bahasa UNIDA Gontor bekerjasama dengan Program Studi Bahasa Arab (PBA) mendelegasikan peserta lomba Semarak Apresiasi Khazanah Bahasa Arab atau disingkat SAHARA. Delegasi dari UNIDA berjumlah 11 Peserta untuk semua mata lomba yang terdiri dari berbagai prodi yang ada, 9 Peserta dari Kampus Pusat Universitas Darussalam Gontor dan 2 Peserta dari Kampus Gontor (Kampus Rabithah). Kegiatan ini dibimbing langsung oleh Ust. Agus Riyadi, S.Pd.I selaku perwakilan dari Staff Pusat Bahasa UNIDA.

SAHARA ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung terhitung mulai 16-20 Februari 2017. Peserta yang hadir merupakan delegasi dari tiap-tiap universitas ternama di Indonesia yang berjumlah 34 Universitas. Selama perlombaan semua peserta tinggal di Gedung Asrama Universitas.

Perlombaan SAHARA ini terdiri dari 5 perlombaan yaitu: 1) al-Khitobah al-Arabiyyah, 2) al-Munadzarat al-Ilmiyyah, 3) al-Insya al-Arabiy, 4) al-Syi’ru al-Arabiy, dan 5) al-Ghina al-Arabiy. Acara pembukaan dilaksanakan di hall Gedung Utama UIN SGD dan dibuka oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Ketua Prodi PBA dan Dosen dosen senior. Bapak Ketua Prodi PBA Drs. Aef Saefurrahman, M.Pd. dalam sambutan hangatnya beliau menyampaikan bahwa,” Kita akan mengikuti dan menjalani perlombaan SAHARA ini dengan penuh kesemangatan. Karena sepanjang sejarah SAHARA, Tahun ini adalah tahun yang istimewa karena di ikuti oleh kampus kampus ternama di Indonesia termasuk UII, UIN, UI dan tak kalah saing UNIDA dengan kehidupan kampus berbahasa Arabnya”. Beliau juga berpesan untuk menikmati perlombaan dan melaksanakan semua disiplin yang ada agar mencapai target yang maksimal.

Atas berkat Rahmat Allah dan diiringi dengan kesungguhan baik mentalitas maupun spiritualitas para delegasi, UNIDA Gontor meraih 4 Juara dalam lomba tersebut yaitu: Juara 1 lomba al-Syi’ru al-Arabiy, juara 2 al-Khitobah al-Arabiyyah, juara 3 al-Ghina al-Arabiy dan Juara harapan untuk lomba al-Munadzarat al-Ilmiyyah.

Perlombaan ini bertujuan mengenalkan kepada seluruh peserta untuk mencintai bahasa Arab Saudi bahasa tertua dunia. Selain itu lomba ini juga sebagai ajang silaturahim untuk mengenal berbagai universitas yang ada di Indonesia. Semoga UNIDA GONTOR bisa terus berkembang dan mempertahankan prestasinya baik nasional maupun internasional khususnya dalam bidang bahasa Arab dan bidang science yang lain pada umumnya.

Popular Articles