Date:

Share:

Pra-Ujian Praktik Mengajar, KMI Gelar “Micro Teaching”

Related Articles

KMI Lahirkan Sistematika Baru
Nampak sejumlah pengajar Micro Teaching Kelas 6 KMI tengah siap mengajar

DARUSSALAM–Sudah menjadi sunnah Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) bagi siswa Kelas 6 Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) untuk mengikuti Ujian Praktik Mengajar (‘Amaliyatu at-Tadrisi) sebagai bagian dari ujian akhir kelulusan mereka. Ada perbedaan yang menonjol dalam pelaksanaannya pada tahun ini dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebelum tahun ini, Kelas 6 KMI dan para guru pembimbing menjalani pra-Ujian Praktik Mengajar dengan mengikuti pengarahan dari Direktur KMI dan Pimpinan PMDG, kurang lebih empat hari. Melihat program pengarahan tersebut belum berjalan efektif dan efisien, KMI mengambil inisiatif untuk mengadakan peningkatan program.

Yaitu, pada Sabtu (29/3), seluruh guru tahun ke-5 dikerahkan untuk memberikan orientasi ketat terkait buku “Tarbiyah ‘Amaliyah”. Orientasinya terbagi tiga. Pertama, penjelasan mendalam seputar “Ghardu al-‘Am, Ghardu al-Khas, dan Wasail al-Idhaah”. Kedua, “Khutwaatu Herbert”, dan ketiga, “Turuqu at-Tadris”. Berlangsung dari pukul 07.00–12.15 WIB.

Kemudian, pada Ahad (30/3) pagi diadakan Micro Teaching. Dari setiap kelompok Kelas 6 yang tahun ini berjumlah 18 kelas (6B–6S) ditentukan satu orang pengajar untuk Micro Teaching. Pelajaran yang diajarkan untuk pra-ujian ini adalah “Muthala’ah” dengan mengambil salah satu judulnya, yaitu “al-‘Ainu”. Masing-masing kelas dibimbing oleh guru-guru senior dan guru tahun ke-5 ke atas.

Selanjutnya, pada Senin–Selasa (31/3–1/4) digelar ulangan khusus materi Tarbiyah ‘Amaliyah, dibimbing langsung oleh Direktur KMI, K.H. Masyhudi Subari, M.A. Ulangan tertulis ini diselenggarakan di Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM). Dan, pada Rabu–Kamis (2–3/4), acara diisi dengan pengarahan serta pesan dan nasihat dari Pimpinan PMDG. Ketiga Pimpinan PMDG hadir memberikan pengarahan yang mendetail, tidak terkecuali Dr. K.H. Abdullah Syukri Zarkasyi, M.A. yang sedang sakit. Demikian juga, seluruh Wakil Pengasuh Pondok Cabang di dalam Jawa turut terlibat dalam acara tersebut. elfah

Popular Articles