Date:

Share:

KMI Adakan Praktik Manasik Haji

Related Articles

Para santri sedang melaksanakan praktik manasik haji
Para santri sedang melaksanakan praktik manasik haji

GONTOR – Salah satu kurikulum pengajaran Kulliyyatu-l-Mu’allimina-l-Islamiyyah (KMI) Pondok Modern Darussalam Gontor adalah praktek manasik haji bagi santri kelas satu dan kelas satu intensif. Al-Ustadz Arif Irfanuddin, pembimbing kegiatan manasik ini mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendidik santri bagaimana melaksanakan ibadah haji sesuai tuntunan. Tak hanya diajarkan dalam kelas, materi haji ini juga harus dipraktekkan di luar kelas. Hal ini ditujukan agar materi tersebut benar-benar terpatri dalam ingatan santri.

Untuk menyamakan persepsi, para pengajar Fiqh kelas satu dan satu intensif mengadakan rapat koordinasi pada Rabu (3/4) lalu. Usai koordinasi, dilanjutkan dengan praktek bagi para pengajar pada Kamis (4/4) malam.

Kegiatan ini berlangsung selama enam hari, dimulai pada Sabtu (6/4) dan berakhir pada Kamis (11/4). Demi ketertiban jalannya kegiatan ini, staf KMI telah mengatur jadwal bagi tiap-tiap kelas. Setiap hari, dua kelas dari kelas satu melaksanakan praktek manasik haji pada jam pelajaran pertama sampai jam pelajaran kedua. Dilanjutkan pada jam ketiga dan keempat oleh dua kelas dari kelas satu intensif. Demikianlah kegiatan ini berlangsung hingga hari keenam. Berurutan setiap kelas menurut abjadnya.Farouq

Popular Articles