Date:

Share:

KMD 2016, Bukan Sekedar KMD

Related Articles

MADUSARI–Kursus Pembina Mahir Tingkat Dasar (KMD) merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh siswa kelas 5 Kulliyatu-l Mu’allimin al-Islamiyyah (KMI) yang jumlahnya pada tahun ini mencapai 838 orang, yang terdiri dari 696 orang dari PMDG Kampus Pusat dan 142 orang dari PMDG Kampus 2. KMD tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, pasalnya KMD tahun ini dilaksanakan kurang lebih satu bulan lebih awal. KMD tahun ini mengusung tema “membentuk karakter pejuang pemimpin Islam masa depan” dan bermotokan “bukan sekedar KMD”. Adapun pemateri pada KMD tahun ini adalah kakak-kakak pelatih dari guru senior dan Kwarcab Ponorogo.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh kak Kwarcab Ponorogo dan Bapak Wakil Pengasuh Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) Kampus 2 di PMDG Kampus 2. Dalam sambutannya, ustadz Hudaya mengatakan bahwa “pramuka adalah kegiatan yang penuh dengan nilai-nilai pendidikan, utamanya pendidikan kepemimpinan sehingga menciptakan pemimpin yang berkarakter, unggul dan berkualitas. Dalam pramuka diajarkan totalitas perjuangan dan pengorbanan untuk ummat, bangsa, dan agama demi terwujudnya negara Indonesia sebagai baldatun thoyyibatun wa rabbun ghafur. Dan dengan pramuka, santri gontor diharapkan dapat menjadi pemimpin ummat di masa depan yang berbudi tinggi, berbadan sehat, berpengetahuan luas, dan berpikiran bebas.”

Pembukaan KMD tahun ini terasa lebih istimewa, sebab bertepatan dengan hari pramuka Indonesia. Selain itu, kegiatan ini juga bersamaan dengan peringatan hari ulang tahun Indonesia yang ke 71. Momen istimewa ini membuat suasana kepramukaan dan semangat bela negara semakin terasa di kalangan para peserta.

Dalam kesibukan pondok menyiapkan rentetan kegiatan peringatan 90 tahun gontor, KMD tetap dilaksanakan tanpa mengurangi unsur-unsur penting kegiatan ini. KMD tahun ini dilaksanakan selama lima hari sejak Ahad hingga Kamis (14 hingga 18 Agustus 2016). Karena singkatnya waktu, maka panitia menyikapinya dengan cara menambah waktu penyampaian materi yaitu setelah shalat ashar.

Kegiatan ini ditutup secara resmi dengan pembacaan laporan oleh panitia dan pelepasan tanda peserta oleh Bapak Wakil Pengasuh PMDG Kampus 2. Di akhir acara, beliau berpesan agar para peserta dapat menjadi pembina-pembina yang dapat menciptakan berbagai macam kegiatan yang baik di gugus depannya masing-masing. ikami86

Popular Articles