Date:

Share:

Kiai Hasan Sapa Warga IKPM Kairo

Related Articles

KAIRO – Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor K.H Hasan Abdullah Sahal bersama rombongan dan Atase Pendidikan Dr. Usman Shihab menghadiri acara Silaturahim dengan alumni Ikatan Pondok Modern (IKPM) cabang Kairo di Daha KMJ, Sabtu sore (25/2).
Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan yang disampaikan oleh Ketua IKPM cabang Kairo, Muhammad Athar Afif, Bapak Usman Syihab sebagai Atase Pendidikan sekaligus sambutan perwakilan dari IKPM senior, Al-Ustadz Ismail Budi sebagai Ketua IKPM Pusat, dan dilanjutkan dengan wejangan tausiah oleh K.H Hasan Abdullah Sahal.

Kesempatan yang sangat jarang sekali, khususunya bagi alumni-alumni santri Gontor begitu dimanfaatkan secara maksimal oleh semua warga IKPM Cabang Kairo. Terbukti, acara yang dimulai setelah waktu ashar ini terus dibanjiri oleh para warga IKPM yang berdatangan terus menerus, demi untuk menyambut dan mendengarkan nasihat-nasihat kehidupan oleh pendidik mereka sewaktu di pondok.
Terlihat warga IKPM begitu penuh sesak menempati tempat yang disediakan oleh Pengurus IKPM Cabang Kairo, bahkan terdapat beberapa warga IKPM yang mendengarkan nasihat beliau sambil berdiri karena ketiadaan tempat untuk duduk, semata itu semua untuk melihat dan mendengarkan wejangan dari beliau langsung.
Dalam tausiahnya, Pak Hasan, sebutan akrab beliau, menekankan kepada para alumni untuk mengamalkan ilmu kesederhanaan dalam kehidupan sehari-hari.

Alumni Gontor memenuhi ruang pertemuan
Alumni Gontor memenuhi ruang pertemuan

“Ada orang orang yang dibuat fisik kuat, otaknya lemah, hatinya juga (lemah), ada yang dikasih fisiknya lemah otaknya kuat dan hatinya kuat, dan ada juga berpribadi baik tapi sosialisasinya tidak baik, dan juga sebaliknya, itulah qodaro fahada. Disinilah kita diuji, ada kata-kata fahada, Simple is beautiful, kesederhanaan itu indah, keindahan itulah adalah kesederhanaan, jangan yatakanak (jangan neko-neko),” kata Pak Hasan. (lihat, yatakanak).
Acara ditutup dengan perfotoan beliau dengan para warga IKPM cabang Kairo dan dilanjutkan makan malam dan ramah tamah seluruh warga IKPM cabang Kairo.
Sebelum mengadakan silaturahim dengan IKPM Cabang Kairo, K.H. Hasan Abdullah Sahal mengadakan pertemuan dengan Grand Syeikh al-Azhar Ahmad al-Thayyeb Sabtu pagi (25/2), di Masyikoh, Darrosah. Pertemuan ini sebagai wujud terima kasih Gontor terhadap Al-Azhar yang telah memberikan beasiswa terhadap alumninya. Untuk penerima beasiswa tahun ini yang berjumlah 50 orang sudah diberangkatkan awal tahun kemarin. Dan beliau, Grand Syeikh, juga membahas penerima beasiswa selanjutnya. K.H Hasan Abdullah Sahal akan meninggalkan Kairo pada Ahad Malam (26/2) dan melanjutkan kunjungannya selanjutnya ke Sudan.

Pertemuan Kiai Hasan dengan Grand Syeikh Al-Azhar
Pertemuan Kiai Hasan dengan Grand Syeikh Al-Azhar

Sebelum tiba di Mesir, Pak Hasan terlebih dahulu meresmikan IKPM cabang Eropa di Den Haag, Belanda yang dihadiri oleh Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda I Gusti Agung Wesaka Puja, Duta Besar RI untuk Azerbaijan Husnan Bey Fananie.

Sumber: http://www.ppmimesir.com/2017/02/silaturahmi-pimpinan-pondok-modern.html

Popular Articles