Date:

Share:

Kiai Hasan Ikuti Reuni “Abu Sittin” yang Ke-19 di Magelang

Related Articles

MAGELANG–Untuk yang kesembilan belas kalinya sejak 1998, Reuni “Abu Sittin” kembali diadakan. Reuni yang berlangsung di Magelang, tepatnya di Hotel Trio, Jl. Jenderal Sudirman No. 72, dihadiri oleh sekitar 100 orang alumni Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) tahun 1960-an, termasuk di dalamnya K.H. Hasan Abdullah Sahal.

Kegiatan yang dipanitiai oleh IKPM Cabang Magelang tersebut digelar selama dua hari, Selasa-Rabu (3-4/5). Dimulai dengan pertemuan resmi pada hari pertama, yang diisi oleh beberapa tokoh masyarakat alumni Gontor, yaitu Prof. Dr. Habib Chirzin, Prof. Dr. Dien Syamsuddin, M.A., dan tentunya juga Kiai Hasan.

Dalam pidatonya, Pak Habib menyampaikan bahwa pada abad ke-21 ini, Gontor termasuk salah satu keajaiban dunia. Bukan hanya peniggalan berupa benda mati, melainkan warisan budaya Islam yang masih hidup, dan selamanya akan tetap hidup.

Adapun Kiai Hasan, beliau senantiasa menegaskan, bahwa di dunia ini tidak ada yang kekal. Enak itu sebentar, tidak enak itu juga sebentar. Allah sudah mengatur semuanya.

Di hari kedua, panitia mengundang Cak Nun (Emha Ainun Najib) bersama grup Kiai Kanjengnya untuk menyuguhkan penampilan sebagai penutupan. Pada kesempatan inilah, suasana haru semakin terasa. Apalagi ketika grup musik yang terdiri dari 12 orang tersebut membawakan lagu “Why Do You Love Me” ciptaan Yon Koeswoyo. Sungguh mengharukan, di mana seluruh peserta secara serentak berdiri, lantas bernyanyi mengikuti irama musik. Subhanallah. b.Dasasta

Popular Articles