Date:

Share:

Kegiatan Bahasa Resmi Dibuka Usai Liburan Pertengahan Tahun

Related Articles

Para santri berbaris di depan BPPM dalam pembukaan kegiatan bahasa
Para santri berbaris di depan BPPM dalam pembukaan kegiatan bahasa

GONTOR“Language is our crown”, begitulah semboyan yang selalu diserukan kepada seluruh santri di Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) guna mengingatkan mereka bahwa bahasa adalah mahkota di pondok ini. Setelah sebulan lamanya kegiatan bahasa ditutup guna menghadapi Ujian Pertengahan Tahun, pada Jum’at (24/1) pagi, setelah shalat Subuh, kegiatan bahasa pun akhirnya resmi dibuka kembali. Pembukaan kegiatan bahasa diadakan di depan Balai Pendidikan Pondok Modern (BPPM) dan diikuti segenap santri dari siswa kelas 1–6 Kulliyatu-l-Mu‘allimin Al-Islamiyah (KMI).

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada pembukaan kali ini, para santri tidak hanya duduk di depan BPPM, namun mereka berbaris rapi seperti pada acara Pembukaan Tahun Ajaran Baru. Hal ini dimaksudkan agar para santri menyimak dengan saksama pesan dan nasihat yang disampaikan Pimpinan PMDG, K.H. Syamsul Hadi Abdan, yang sekaligus meresmikan kembali kegiatan bahasa di PMDG setelah berakhirnya masa liburan.

Pada kesempatan ini, Dr. H. Abdul Hafidz Zaid, M.A. selaku pembimbing bahasa di PMDG memberikan pengarahan dan gambaran betapa pentingnya kemampuan berbahasa asing, terutama bahasa Arab dan Inggris di era globalisasi ini. Beliau menyampaikan beberapa metode efektif yang bisa dipraktikkan para santri untuk meningkatkan kemampuan berbahasa mereka selama menjadi santri di PMDG.

Setelah ini, para santri mulai aktif mengikuti seluruh kegiatan bahasa yang dilaksanakan, seperti penyampaian kosakata bahasa Arab dan Inggris, pembuatan majalah dinding mingguan, evaluasi bahasa setiap harinya, dan beberapa kegiatan bahasa lainnya, baik yang diselenggarakan Bagian Penggerak Bahasa Pusat maupun  yang diadakan oleh setiap kursus bahasa yang ada di PMDG. brahma84

Popular Articles