Date:

Share:

Kasyful Mu‘jam Perkaya Bahasa Arab Siswa Kelas 6 KMI

Related Articles

Kasyful Mu’jam Kelas 6

GONTOR–Menghadapi acara Fathul Kutub yang menurut rencana akan dilaksanakan pada awal Desember mendatang, KMI Pondok Modern Darussalam Gontor mempersiapkan siswa Kelas 6 dengan mengadakan acara Kasyful Mu‘jam. Bertempat di Gedung Yaqdzah, kegiatan yang melibatkan para wali Kelas 6 dan beberapa guru muda ini dilangsungkan selama tiga hari, Senin–Rabu, 19–21 Nopember 2012.

Kasyful Mu‘jam merupakan suatu kegiatan untuk mencari arti yang tepat dari suatu kata dengan menggunakan kamus bahasa Arab tertentu. Acara yang berlangsung pada malam hari ini bertujuan untuk mengukur kemampuan bahasa Arab siswa Kelas 6 KMI. Pemahaman yang baik terhadap pelajaran Sharf sangat membantu setiap siswa dalam menemukan arti dari setiap kosakata bahasa Arab di dalam kamus. Untuk Kasyful Mu‘jam ini, para siswa diharuskan menggunakan kamus “Munjid”, kamus bahasa Arab yang dijadikan pedoman segenap guru dan siswa KMI.

Selain mencari arti kata bahasa Arab dari kamus “Munjid”, acara ini juga disertai dengan latihan menemukan ayat tertentu di dalam Alquran beserta suratnya dengan menggunakan Al-Mu’jam Al-Mufahras li Alfadzil Qur’an. Hal ini dalam rangka memudahkan para siswa untuk mencari rujukan ayat tertentu di dalam Alquran dengan cepat. Sehingga, pada saat kita menemukan penggalan ayat yang tidak mencantumkan nama suratnya, dengan Mu‘jam Mufahras, kita tidak membutuhkan waktu lama untuk melengkapi ayat tersebut. shah wa  

1 COMMENT

Comments are closed.

Popular Articles