Date:

Share:

Kasyful Mu’jam, Implementasikan Penguasaan Bahasa Arab Siswa Kelas 5 KMI

Related Articles

Kasyful Mu'jam, ImplementasikanGONTOR–Selepas Ulangan Umum Awal Tahun 1435 yang berlangsung selama 5 hari, siswa Kelas 5 KMI mulai dihadapkan kembali dengan Kasyful Mu’jam. Acara berlangsung pada Senin–Rabu malam (18–20/11). Kamus yang diujikan adalah al-Munjid  fi al-Lughah wa al-‘Alam terbitan Daar al-Masyriq, Beirut Libanon dan kamus al-Mu’jam al-Mufahras li alfaadzi al-Qur’an al-Karim terbitan Daar al-Ma’arif Beirut, Libanon. Keduanya adalah kamus utama yang banyak digunakan santri-santri Gontor dalam mencari kosakata bahasa Arab dan ayat-ayat al-Qur’an.  Khususnya, kamus ini mulai familiar dikalangan siswa kelas 3 Intensif dan kelas 4 KMI ke atas.

Sebelum acara pada Senin malam, KMI telah berkoordinasi dengan Bapak Wakil Direktur KMI, al-Ustadz H. Farid Sulystio, Lc. mewajibkan seluruh siswa kelas 5 hadir dalam acara pengarahan acara Kasyful Mu’jam di Masjid Jami’ lantai 2. Al-Ustadz H. Farid Sulystio, Lc. dan al-Ustadz Mujib Abdurrahman, Lc. sebagai pemberi orientasi tentang tata cara menggunakan kedua kamus itu dengan baik, benar, dan tepat. Bapak Wakil Direktur KMI menegaskan, “dalam mencari makna kalimat, haruslah memperhatikan siyaq al-kalimah (konteks kata) . Karena setiap kosakata pada kamus Munjid memiliki banyak makna yang kompleks, maka carilah makna yang paling tepat dan benar”.

Acara diikuti 597 orang siswa Kelas 5 KMI, dengan tujuan tidak lain adalah implementasi siswa Kelas 5 KMI dalam penggunaan kedua kamus tersebut sehari-hari baik di kelas dan asrama. Mengingat mereka adalah pengurus di asrama. Penggunaan, praktek  dan memberikan suri tauladan berbahasa kepada santri-santri di asrama merupakan hal yang mutlak untuk diaplikasikan. elfah

Popular Articles