Date:

Share:

Karantina, Siswa Kelas 6 Fokus Hadapi Ujian Akhir

Related Articles

KAMPUNG DAMAI— Siswa Kelas 6 Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) sudah berada di ambang pintu ujian akhir yang menentukan masa depan mereka sebagai siswa akhir KMI. Untuk itu, mereka telah terlepas dari tanggung jawab kepengurusan di organisasi, baik di Organisasi Pelajar Pondok Modern (OPPM) ataupun Koordinator Gerakan Pramuka. Selain itu, agar kegiatan belajar mereka terpantau dengan baik dengan suasana yang kondusif dan mendukung, diadakanlah karantina siswa kelas 6 KMI di Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM) setelah selesainya pelaksanaan Tarbiyah Amaliyah perdana, Kamis (20/5) lalu.

Masa karantina akan berlangsung hingga berakhirnya ujian syafahi (ujian lisan-red) siswa kelas 6 KMI pada pertengahan Juni mendatang, Senin (14/6). Selama tiga minggu lebih mereka digembleng dalam kebersamaan dan semangat belajar yang tinggi. Para wali kelas 6 KMI bahu-membahu berupaya mendidik mereka dengan mengontrol belajar seluruh siswa kelas 6 selama karantina hingga dapa lulus dengan khusnul khotimah Ramadhan kelak. Untuk itu, tidak ada seorang pun yang diperkenankan mengasingkan diri dengan tidak mengikuti karantina. Tidak ada seorang pun dari mereka yang diperbolehkan tinggal di asrama. Seluruh siswa kelas 6 KMI yang kini berjumlah 680 siswa tersebut harus tinggal di BPPM dengan membawa buku-buku pelajaran, pakaian dan kebutuhan lainnya yang diperlukan.

Di samping mengontrol belajar siswa kelas 6, karantina juga bertujuan memupuk ukhuwwah islamiyah antara siswa yang satu dengan lainnya. Dengan 10 kelompok yang ada, masing-masing diharapkan saling mengenal teman-teman di dalam kelompoknya karena anggota setiap kelompok yang berjumlah 68 siswa tersebut berasal dari kelas yang berbeda-beda. Maka, melalui karantina inilah siswa yang belum mengenal teman-temannya dengan baik dapat lebih akrab dan semakin mempererat persahabatan di antara mereka. Pasalnya, dengan banyaknya santri, tidak jarang masih ditemukan santri yang belum mengenal teman-temannya di kelas lain. Namun, dengan adanya kegiatan kelas 6 yang penuh kebersamaan membuat mereka saling mengenal.


Popular Articles