Date:

Share:

K.H. Syamsul Hadi Abdan: Rapor Kita Sesungguhnya adalah Masyarakat

Related Articles

K.H. Syamsul Hadi Abdan tengah menyampaikan pesan dan nasihatnya di depan seluruh siswa KMI sebelum Pembagian Rapor.
K.H. Syamsul Hadi Abdan tengah menyampaikan pesan dan nasihatnya di depan seluruh siswa KMI sebelum Pembagian Rapor.

Setelah melewati masa ujian, yang kemudian dilanjutkan dengan liburan pertengahan tahun pertama selama sepuluh hari, kini tibalah saatnya seluruh santri Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) untuk menerima hasil dari jerih payahnya dalam menuntut ilmu pada smester yang lalu. Tepat pada Ahad (25/1), sesuai dengan jadwal kalender tahunan PMDG, Panitia Ujian Pertengahan Tahun telah membagikan seluruh rapor siswa KMI dari Kelas 1 hingga Kelas 5.
Pesan dan Nasehat yang disampaikan oleh Pimpinan PMDG, K.H. Syamsul Hadi Abdan di Masjid Jami’, terkait dengan pembagian rapor kali ini, sebagai motivasi dan penjelasan akan hakekat makna belajar di PMDG. Dalam pidatonya, beliau menjelaskan bahwa, belajar di Gontor tidak akan bisa diukur dengan nilai akademis, karena orientasi PMDG ini adalah Pendidikan dan Pengajaran, tapi tingkat keberhasilan seseorang dapat diukur tatkala dia telah berjuang untuk terjun di masyarakat, di sanalah para masyarakat akan menilainya.
Selain itu, beliau juga menyampaikan,”Terimalah rapor ini dengan tetap bersyukur, nilai baik alhamdulillah, nilai buruk juga alhamdulillah, karena ini merupakan hasil belajar kalian di pertengahan tahun pertama kemaren. Yang dinilai sekarang adalah, apa yang akan kalian lakukan setelah menerima rapor ini? Akankah kalian mampu menjadikannya sebagai evaluasi belajar untuk masa depan yang lebih baik?”
Adapun kalkulasi nilai smester I seluruh siswa KMI dari Kelas 1 hingga Kelas 5 pada tahun ajaran 1434-1435 ini, jika dibandingkan dengan periode sebelumnya, 1433-1434, mengalami peningkatan yang patut disyukuri. Yaitu, pada periode 1433-1434, kalkulasi nilainya berhasil mencapai rata-rata 5,81, sedangkan pada periode 1434-1435, mampu unggul sejumlah 4%, yaitu dengan nilai rata-rata 6,04.sazza.

Popular Articles